|

Kemah Pemuda Warnai Semarak HUT RI

Alfarabi Umaternate
SULA, BRN – Ada banyak cara menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI). Mulai lomba tingkat anak-anak hingga orang dewasa. Umumnya, lomba makan kerupuk, lari karung dan sepakbola kerapkali menjadi pilihan masyarakat dalam meramaikan HUT RI.

Namun tidak bagi Organisasi Kepumadaan (OKP) di Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara. Gabungan OKP yang terdiri dari DPD KNPI Kepsul, Pengurus Cabang (PC) IMM Cabang Kepsul, dan PMII Cabang Kepsul cenderung melakukan terobosan baru dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 tahun 2018. Wisata ilmiah dengan tajuk "Kemah Pemuda" yang dipusatkan di desa Falabisahaya Kecamatan Magoli Utara Kepsul mewarnai HUT RI tahun ini.

Ketua Panitia Kegitan Kemah Pemuda Alfarabi Umaternate dalam releasenya, Rabu (8/8/) mengatakan, agenda "Kemah Pemuda" ini murni lahir dari gagasan OKP. Selanjutnya dilakukan kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kepsul dengan tujuan menjalin silaturahim antar pemuda se-Kabupaten Kepulauan Sula.

“ Kegiatan ini kita mengundang pemuda desa dan siswa tingkat SMA/SMK dan MA se-Kepulauan Sula, yang direncanakan dilaksanakan pada tanggal 14-17 Agustus 2018,” Katanya.

Alfarabi yang juga sebagai Wakil ketua DPD KNPI Kepsul ini menuturkan, kegiatan kemah pemuda ini bertujuan agar para peserta yang terdiri dari pemuda, mahasiswa, dan pelajar itu lebih dekat dengan alam dan mengenal lebih jauh tentang kearifan lokal. Rangkaikan atau agenda menarik seperti lomba pentas seni budaya, bakti sosial, dan materi-materi edukasi juga turut dikemas pada wisata ilmiah yang bertemakan "Kemah Pemuda" itu.

“ Misalnya materi wawasan kebangsaan, dan bela negara. Hal ini diangkat untuk mengembalikan spirit nasionalisme para pemuda saat ini. Juga yang menarik adalah kami  pun hadirkan tim ahli Pertanian dari Komunitas Bengkel Bumi Yogyakarta dan Jakarta yang nantinya berbagi pengetahuan tentang pertanian,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya berharap kepada semua pihak untuk menghadiri kegiatan ini khususnya pemuda, mahasiswa dan pelajar serta warga masyarakat. “ Untuk persiapannya sendiri sejauh ini Alhamdulillah sudah 70 persen, tinggal beberapa kebutuhan perlengkapan yang perlu disiapkan sebelum kami bertolak ke Falabisahaya. Mari bersilaturahim dalam edukasi, pemuda kreatif dan inovatif penerus bangsa,” sambungnya. (**)
Komentar

Berita Terkini