|

DPRD: Dirjen Kemendes Sebut DD Morotai Tahun 2017 Fiktif

Hering Antara DRD Morotai dan Koalisi Morotai Bersatu 


MOROTAI, BRN – Direktorat Jenderal (Dirjen) Kementerian Desa menyebut anggaran Dana Desa Kabupaten Pulau Morotai tahun 2017 fiktif,hal itu terungkap saat Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Morotai berkonsultasi dengan Kemendes Republik Indonsia.

Dari hasil konsultasi Komisi I DPRD,  terkait DD dengan Dirjen Kemendes, mereka sudah terima laporan pertanggungjawaban DD tahun 2017 sudah diterima Kemendes dan anggarannya sudah habis terpakai, anehnya dilapangan sebagaian DD anggarannya masih terparkir di kas daerah, langsung Dirjen Kemendes sebut  itu fiktif, karena laporan anggaran sudah tuntas, duitnya masih ada, " ungkap anggota Komisi I DPRD, Suaib Hi Kamil saat menggelar hearing dengan Kualisi Morotai Bersatu (KMB) yang berlangsung diruang rapat DPRD, Rabu (14/8/2018).

Sesuai dengan prosedur, kata dia, jika anggaran DD sudah masuk ke kas daerah paling lambat seminggu DD sudah harus ditransfer ke rekening desa. Namun, yang terjadi di Morotai DD tahun 2017 masi tersisa hingga tahun 2018. "Jadi kami butuh penjelesan dari dinas terkait, siapa yang sebenarnya membuat laporan pertanggungjawaban DD ke Kemendes, "kesalnya.

Kepala DPMD, Nursina Kadir dan Kadis Keuangan, M Umar Ali terkesan saling lempar tanggungjawab saat DPRD mempertanyakan siapa dibalik yang membuat laporan tersebut.  Misalnya, Nursina Kadir. Nursina  beralasan dinas yang dipimpinnya tidak pernah membuat laporan tersebut hal serupa juga dikatakan Umar Ali.  "Tugas saya sebagai bedahara daerah hanya melaporkan laporan transfer DD, "singkatnya.  (Fix/red)

Komentar

Berita Terkini