|

Dandim 1508 Tobelo : Banyak Hikmah Yang Bisa Dipetik Dalam Perayaan Idul Adha



Komandan Kodim 1508/Tobelo, Letkol Kaveleri Tri Sugiarto pada saat menyerahkan hewan qurban kepada panitia qurban serta menyaksikan pemotongan hewan qurban sebanyak 6 ekor Sapi.

HALUT,BRN - Merayakan hari raya Idul Adha Kodim 1508/Tobelo pagi tadi (Rabu 22/8) yang dilaksanakan di Mesjid An Nur Kodim Tobelo. Yang bertugas sebagai  Khatib yakni Hairudin (personel Dim 1508/Tobelo sementara Imam Uztad bertindak sebagai imam pada Shalat Idul Adha

"Hari ini adalah hari yang sangat mulia, yang penuh pelajaran dalam agama Islam. Ada dua hari raya yang pertama adalah Idul Fitri adalah hari syukuran atas hidayah, sedangkan idul adha adalah hari syukuran atas di tolongnya seorang hamba dalam berkurban untuk hidaiah yang Allah berikan kepadanya. 

Hari ldul adha ini adalah hari untuk memperingati pengurbanan kekasih Allah, Nabi Allah,  Rasul Allah, kakek dari junjungan kita Baginda Nabi SAW yaitu Ibrahim Al Khalil As. Dimana beliau telah di perintahkan oleh Allah SWT dengan suatu perintah yang kelihatannya betul-betul ajib, beliau diperintahkan  untuk menyembelih putranya yang satu-satunya, putra yang istimewa, yang di puji-puji oleh Allah sebagai penyantun lembut, berbudi luhur, tetapi tiba-tiba datang perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya", kata Ustads Gani Laida dalam Khutbahnya.

Lanjut kata dia, hari raya Idul Adha ini, para haji dari seluruh dunia memperingati pengurbanan Ibrahim dan keluarganya.  Dengan menuju ke Mina untuk melempar jumroh, sebagai wujud untuk mengenang pengurbanan Ibrahim dalam menjalankan ibadah kurban seperti saat ini. Usai melaksanakan shalat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Komandan Kodim 1508/Tobelo, Letkol Kaveleri Tri Sugiarto pada saat menyerahkan hewan qurban kepada panitia qurban serta menyaksikan pemotongan hewan qurban sebanyak 6 ekor Sapi.

Pada kesempatan itu Dandim 1508/Tobelo Letkol Kaveleri Tri Sugiarto mengatakan, qurban ini adalah sebagai bentuk syukur keluarga besar Kodim Tobelo atas limpahan berkah dan rahmat dari Allah SWT sehingga semua anggota dapat diberikan kekuatan dalam rangka mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sesuai tema "Melalui hikmah Idul Adha 1439 H / 2018 M kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan guna membentuk prajurit profesional, rela berkorban dan manunggal dengan rakyat", jelasnya.



Kata Dandim, banyak hikmah yang bisa  dipetik dari perayaan Idul Adha seperti ini, yakni untuk memupuk rasa kepedulian terhadap sesama umat muslim, juga untuk membantu membahagiakan saudara-saudara yang kurang mampu pada Hari Raya Idul Adha ini," papar Dandim.(arthur/red)

Komentar

Berita Terkini