|

Pucuk Pimpinan di Basarnas Berganti

Foto: Penyerahan tongkat dari kepala SAR sebelumnya, Mustarsi SE,MM ke kepala SAR yang baru Muhammad Arafah, SH

TERNATE, BRN – Kepala kantor pencarian dan pertolongan (Basarnas) memiliki pucuk pemimpin baru. Muhammad Arafah, SH dilantik sebagai kepala Basarnas klas B Ternate menggantikan Mustari SE,MM. Tak hanya di pucuk pimpinan, pergantian atau mutasi ini terjadi juga di pucuk kepala seksi sumber daya. Halidin Labibu dilantik sebagai kepala seksi sumber daya yang baru menggantikan Berty Dj. Kawaas.  

Usai penyerahan serah terima jabatan (Sertijab), mantan kepala Basarnas klas B, Mustari mengatakan,  pergantian atau mutasi para pejabat terutama di pucuk pimpinan bukan rahasai umum lagi. Pergantian di pucuk pimpinan sering dilakukan agar muncul suasana baru.

“ Itu sudah biasa, kalau di perintahkan pimpinan pasti dilakukan. Adanya perubahan atau pergantian pimpinan ini tentu melaksanakan tugas-tugas atau misi kemanusiaan terutama di Maluku Utara,” ujar Mustari, Senin (23/7).   

Ia berharap, adanya perubahan  pimpinan yang baru ini dapat dijadikan sebagai langkah dini melakukan hubungan baik selutuh stakeholder dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusian seperti melakukan pertolongan bagi orang yang mengalami musibah baik itu musibah layaran, penerbangan atau musibah lainnya.

Meski begitu, Mustari mengaku, satu pekerjaan rumah (PR) yang belum sempat diselesaikan. “ PR nya adalah membuka unit siaga SAR di Halmahera Selatan. Tadinya direncanakan dalam waktu dekat, namun karena ada pergeseran jabatan sehingga PR itu akan dilanjutkan pimpinan yang baru,” imbuhnya.  

Sementara itu, kepala SAR baru, Muhammad Arafah mengaku mengapresiasi kerja yang dilakukan Mustrasi. Selaku kepala kantor SAR, membuka unit pos siaga SAR seperti dicanangkan Mustarsi mestinya  harus diselesaikan. Selain memberikan ruang pelayanan, unit pos siaga juga bertujuan menyiapkan menyiapkan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana agar sewaktu-waktu dapat membantu apabila ada terjadinya musibah.

“ Selain itu, unit pos yang disiapkan ini tujuannya berjaga-jaga bilamana masyarakat membutuhkan pertolongan. Operasi SAR selalu siap siaga 1x24 jam pelayanan,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Mustari akan melaksanakan tugasnya sebagai kepala kantor SAR klas A di Makassar. (emis)
Komentar

Berita Terkini