|

PIDP Optimis Menangkan Pileg


TERNATE, BRN - Tahapan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) partai politik (parpol) usai sudah. Sebelumnya dua parpol yaitu partai NasDem dan partai Garuda mendaftarkan bacalegnya pada Senin (16/7) kemarin. Namun di hari Terakhir pendaftaran, KPU Provinsi Maluku Utara mencatat sebanyak 14 parpol peserta pemilu 2019 resmi mendaftar ke KPU. Menariknya, dua parpol mendaftar ke KPU sesuai nomor urut partai. Seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). PIDP sebagai pendaftar ke 3 di KPU, sedangkan PKPI sebagai pendaftar terakhir sesuai nomor urut partai yakni nomor 16.

Delegasi PDIP dipimpin langsung ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP, Muhammad Sinen. Rombongan partai yang berlambang kepala banteng ini tiba di kantor KPU Malut Kelurahan Kota Baru lingkungan Dakomib Kota Ternate Tengah sekira pukul 15.15 WIT.

Ketua DPD PDIP, Muhammad Sinen mengatakan, pendaftaran bacaleg PDIP dilakukan secara serentak baik nasional maupun di Kabupaten/Kota. Penyerahan daftar calon legislatif ke KPU sesuai dengan jatah atau kuotanya. Untuk provinsi sudah 100 persen, dan semuanya memenuhi syarat sesuai dapilnya masing-masing.
Mudah-muadah di pendaftar ke III ini menjadikan PDIP sebagai  partai pemenang pemilihan legidlatif 2019 di Propinsi Maluku Utara,” ujarnya, Selasa (17/7).

Meski demikian, ia meyakini daftar caleg yang diserahkan itu sesuai ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni pernah terpidana kasus korupsi, terpidana perkara narkoba dan pelaku kejahatan seksual atau asusila.  Hal seperti memang dilarang PDIP. Dan alhamdullilah daftar caleg yang diusulkan bebas dari ketiga ketentuan itu,” terangnya.

Ditanya soal target, politisi PDIP itu optimis PDIP bakal memenangkan pemilihan legislatif 2019 sama halnya di tahun 2004 lalu. Kouta 45 alokasi kursi di tingkat provinsi dari 5 dapil, partainya bakal mendulang banyak suara di 2019 mendatang.   
“ Yang jelas targetnya harus jadi ketua DPR, dan harus lebih dari 7 kursi. Targetnya satu dapil dua kursi, ada juda yang tiga kursi. Dapil I dan dapil III harus capai empat sampai lima kursi,” tandasnya.

Perlu diketahui, dapil dan alokasi untuk dewan provinsi berjumlah 45 kursi. Dapil I meliputi Kabupaten Halmahera Barat dan Kota Ternate dengan alokasi 12 kursi, Dapil II meliputi Halmahera Utara dan Pulau Morotai dengan 9 kursi. Sementara dapil III yakni Halmahera Tengah, Halmahera Timur, dan Kota Tidore Kepulauan dengan jumlah 8 kursi. Dapil IV (Halmahera Selatan) 9 kursi, dan dapil V mencakup Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu 7 kursi. (brn)
Komentar

Berita Terkini