|

Pemrov Tak Punya Niat Baik Bayar DBH

Burhan Abdurahman
TERNATE, BRN – Rupanya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara tidak beritikad baik menyelesaikan dana bagi hasil (DBH) untuk Kabupaten/Kota. Buktinya, hingga memasuki triwulan ke-tiga tahun 2018, Pemprov belum juga menyerahkan dana bagi hasil (DBH) bagian Pemerintah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate Buhan Abdurahman mengatakan, lambatnya realisasi DBH  oleh Pemrov Malut mengakibatkan proyek pembangunan Sport Haal yang berada di Kelurahan Ubo-ubo menjadi hambat. Ia mengaku, keterlambatan pembagian DBH bukan hanya terjadi tahun ini saja, namun terjadi juga di tahun-tahun sebelumnya. “ Tahun ini sudah hampir memasuki  triwulan ketiga, tetapi Pemprov belum juga berikan DBH ke Kota Ternate,” kata Burhan usai mengunjungi Sport Haal, Kamis (6/7).

Dia juga mengaku, saat ini kondisi keuangan Pemprov belum cukup stabil sehingga berdampak pada terlambatnya realisasi pembagian DBH. Kendati begitu kata dia, Pemprov jangan lebih mempersulit Kabupaten/Kota terkait DBH, karena DBH merupakan hak Kabupaten/Kota untuk kegiatan pembangunan. “ Pembagian DBH ini seharusnya suda di lakukan oleh Pemprov, sehingga tidak menggangu proses pembangunan yang sudah berjalan,” kata haji Bur sapaan akrabnya.

Menurutnya, kepala badan pendapatan, pengelolan keuangan dan aset daerah (BPPKAD) lebih memprioritas kebutuhan daerah bukan mempersulit. Selain menjadi hak, DBH juga di jamin dalam undang-undang. “ Kan sudah diatur berdasarkan perundang-undangan, namun pada kenyataanya sampai sekarang DBH belum juga dicairkan,” tandasnya.

Terpisah, kepala badan pendapatan, pengelolan keuangan dan aset daerah (BPPKAD) Ahmad Purbaya belum bisa dikonfirmasi, bahkan pesan singkat via whatsapp pun tak dibalas. (Mal)
Komentar

Berita Terkini