|

KPU tak persoalkan menang atau kalah di MK

Syahrani Somadayo
TERNATE, BRN - KPU Provinsi Maluku Utara tidak terlalu mempersoalkan menang atau kalah di Mahkama Konstitusi (MK) pada perselihan hasil pemilu tahun ini. Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo mengatakan, pihaknya tidak melihat pada sisi menang atau kalah di MK. KPU hanya membuktikan atau mempertanggung jawabkan semua bukti di MK. “ Kita tidak melihat pada menang atau kalah, karena KPU hanya bertanggungjawab semua bukti di persidangan. Sekalipun pertanggung jawabannya dilakuka KPU RI,” ujar Syahrani saat ditemua diruang kerjanya,  Minggu (29/7).

Menurutnya, KPU hanya fokus mengungkap kebenaran selama proses persidangan serta menyiapkan bukti-bukti apabila itu di perlukan. Sebab, adanya pengungkapan kebenaran dalam sidang MK, semua pihak akan memperoleh keadilan pada saat MK mengumumkan keputusan hasil sidang.

“KPU itu berprinsip pada bagaimana kami bisa mengungkap kebenaran itu di Mahkamah Konstitusi. Konsentrasi kami ke sana, bukan soal menang kalah,” ujar Syahrani.

Yang terpenting, kata dia, KPU telah menyampaikan fakta-fakta yang sebenarnya terjadi di dalam persidangan. Ia menyerahkan hasil sidang tersebut kepada hakim di MK maupun majelis untuk memutuskan. “ Kita ikuti dulu putusan MK. Seperti apa hasil semua belum tahu, jangan kita mendahului mereka,” ucapnya. (brn)
Komentar

Berita Terkini