|

KPU RI Kaget, AHM Gunakan KTP Ganda



Komisioner KPU RI, Hasyim As'yari
JAKARTA,BRN – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) kaget saat mendengarkan pasangan nomorot urut 1 Ahmad Hidayat Mus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda.

Komisoner KPU-RI Hasyim As'yari  usai sidang mengatakan, penggunakan KTP ganda yang dimiliki Ahmad Hidayat Mus sejauh ini baru diketahui setelah sidang berjalan di Mahkamah Konstitusi olehnya itu harus di kroscek kebenarnya apakah yang bersangkutan benar memiliki KTP ganda atau tidak.

Menurutnya, untuk membuktikan hal itu harus dilakukan pengecekan lanjutan apakah yang bersangkutan memiliki KTP lokal ataukah tidak, karena syarat utama untuk menyalurkan hak suara pada kontestasi pilkada adalah pemilih yang harus memiliki KTP dengan domisili daerah yang dia menyalurkan hak pilihnya. " Harus diperiksa dulu, KTP-nya dari mana,” ungkap Hasyim As'yari.

Lanjut dia, terkait dengan KTP dirinya belum  bisa memberikan banyak komentar, karena sejauh ini belum di liat bukti fisiknya.

Sebelumnya ketua KPU Provinsi Maluku Utara Sahrani Somadayo mengaku, bahwa Ahmad hiday Mus juga memiliki KTP Maluku Utara,” AHM mencoblos di Desa Mangon itu menggunakan KTP lokal dengan cara KPU menerbitkan from A5 sebab yang bersangkutan terdaftar di DPT, maka bisa meminta A5 karena sesuatu dan lain hal itu dibolehkan dan setelah dilakukan pengecekan, yang bersangkutan masuk dalam DPT karena Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan klarifikasi berdasarkan dokumen yang dia pegang (tim/red)
Komentar

Berita Terkini