|

Gagal Cek Kotak Suara, KPU Salahkan Polda Malut

Syahrani Somadayo

TERNATE, BRN - Ketua KPU Malut, Syahrani mengatakan, batalnya pengecekan KPU terhadap kotak suara disebabkan karena pihak keamanan memasang gembok di pintu ruangan tempat penyimpanan kota suara. Rencana pengecekan KPU ini dengan maksud melengkapi dokumen terkait pokok permohonan pemohon (AGK-YA) yang saat ini bergulir di Mahkama Konstitusi (MK).

“ Ruangan itu berisi seluruh kotak suara hasil perhitungan suara Pilgub Malut  tahun 2018, kami tidak bisa mengambil dokumen yang diminta MK karena pintu ruangannya di gembok,” ujar Syahrani.

Upaya ini dilakukan dalam rangka kelengkapan dokumen sesuai permintaan MK mengenai pokok permohonan pemohon (AGK-YA). Selain itu, kelengkapan dokumen ini guna kepentingan sidang lanjutan perselihan hasil pemilu (PHP). Penyampaian dokumen ke MK baru dilakukan pada Senin (30/7) pekan ini, hanya saja dalam penyampaian dokumen itu melalui KPU RI bukan KPU provinsi atau Kabupaten/Kota. “ Kita upayakan sebelum tiba waktunya, karena sesuai jadwal itu hari Senin laporannya sudah masuk KPU RI,” ujar Syahrani, Sabtu (28/7).

Meski begitu kata dia, dua buah gembok yang terdapat di pintu ruangan penyimpanan kotak suara itu tidak ada unsur intimidasi yang dilakukan kepolisian. “ Memang kita tau nya baru sekarang, tidak ada intimidasi dari pihak keamanan,” ucap Syahrani. (tim/brn).
Komentar

Berita Terkini