|

Tim Sukses AHM-Rivai Diciduk Tim Gakkumdu

Terduga money politic yang diamankan tim Sentra Gakkumdu
TERNATE, BRN - NS alias Nasrah warga pulau Taliabu Kepulauan Sula berhasil diamankan tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) pada Kamis 31 Mei 2018 kemarin lantaran diduga melakukan politik uang belum lama ini. NS merupakan salah satu tim pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 (satu) Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-Rivai). NS diamankan di kediamannya bertempat di Kelurahan Tafure Kota Ternate Utara seletah kurang dari  sebulan melarikan diri.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Ternate, Rusli Saraha mengatakan, sejauh ini berkas yang bersangkutan sudah dinyatakan lengkap atau P21 (tahap II), namun berkas itu tidak diserahkan ke pengadilan karena yang NS tidak berada di tempat. NS dianggap tidak kooperatif karena tidak menggubris 2 (dua) kali panggilan dari Sentra Gakkumdu, sehingga itu kemudian tim Gakkumdu melakukan pengintaian terhadap yang bersangkutan karena dikabarkan melarikan diri. Dari pengintaian itu, alhasil yang bersangkutan berhasil diamankan tim Gakkumdu dari unsur kepolisian. “ Bukan dihentikan perkaranya, tetapi perkara tidak bisa jalan kerana yang bersangkutan tidak berada ditempat,” terang Rusli, Jumat (1/6).

Kendati begitu, Rusli sepenuhnya menyerahkan ke Gakkumdu terkait dengan sanksi yang akan diberikan. Apakah yang bersangkutan diberikan jaminan atau tidak, sebab menurut Gakkumdu sendiri yang bersangkutan akan menjalani proses hukum setelah melewati cuti bersama. “ Yang pasti tetap ditahan, namun seperti apa penanganannya kita belum tahu, karena itu ranahnya Gakkumdu. Apakah ditahan selama 20 hari sejak NS diamankan ataukah ada sanksi tambahan lain atau seperti apa kita belum tahu,” ujarnya.
    
Karena itu sebelum dilakukan penangkapan, tim Gakkumdu lebih melakukan pengintaian terhadap yang bersangkutan. Dari pengintian itu tim berhasil mengamankan yang bersangkutan di kediamannya di Kelurahan Tafure Ternate Utara. (emis)
Komentar

Berita Terkini