|

Saling Klaim Menang, AGK-Ya Minta Pengawasan Form C1 Diperketat

Dino Umahuk (kiri)

TERNATE, BRN – Pilkada serentak 2018 di Provinsi Maluku Utara diwarnai saling klaim antar tim sukses (timsus) masing-masing pasangan calon (paslon). Menurut informasi, pendukung paslon nomor 2 Burhan Abdurahman dan Ishak Jamaludin lebih dulu melakukan konvoi kemengan karena menganggap menang dari pertarungan. Beredarnya informasi tersebut, tim paslon nomor pemilihan 3 (Tiga) Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali (AGK-YA) melalui juru bicaranya Dino Umahuk angkat bicara, Kamis (28/6)

Menurutnya, saling klaim ini membuat pilgub di Malut sangat menarik, dimana semua kandidat mengganggap memenangkan pertarungan. Namun anggapan itu tidak sesuai dengan hitungan real quick dari KPU. “ Seakan-akan menang itu disusun timnya masing-masing. Padahal hitungan cepat KPU masih terus berlanjut,” ungkap Dino pada jumpa pers di posko AGK-YA Kelurahan Akehuda.

Kata dia, berdasarkan hasil real count KPU Provinsi Maluku Utara pada Kamis (28/6) pukul 15:54 WIT AGK-YA masih berada di puncak dibangdingkan tiga paslon lain yakni AHM-Rivai, Bur-Jadi, dan MK-Majhu. AGK-YA menempati posisi pertama dengan 143.412 suara atau 30,89 persen. Trend presentasi positif yang sama juga dimiliki media center AGK-YA yaitu kisaran angka 31 persen. Angka kisaran ini tentu terjadi atau berbanding lurus dengan portal KPU Malut dan lembaga-lembaga survey. Hal ini penting di ketahui publik, sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang merugikan, terutama manipulasi suara yang sering terjadi di pilgub-pilgub sebelum.

Dino mengimbau kepada seluruh relawan dan pendukung AGK-YA tetap mengamankan folmulir C1 di TPS Kabupaten/Kota secara menyeluruh pada semua tahapan, baik TPS tingkat keluarahan, PPK, KPU Kota hingga ke KPU Provinsi agar tidak terjadi hal-hal yang keluar ketentuan yang berlaku.  

“ Kepada pihak penyelenggara, terutama KPU Malut untuk bertindak dengan aturan yang berlaku. Demikian juga Bawaslu untuk mengambil langkah-langkah hukum penting sehingga tidak merugikan masyarakat dan demokrasi Malut.

Di ketahui, hingga pukul 18:00 AGK-YA masih barada di posisi pertama dengan raihan 30.78 persen. AHM-Rivai di posisi kedua dengan angka 30.38 persen, Bur-Jadi urutan ketiga 27.40 persen. Semnetara jagoan PKS, PAN, dan Gerindra masih tetap berada diurutan terbawah yaitu 11.44 persen. (Shl)
Komentar

Berita Terkini