|

Ribuan Pemilih di Morotai Utara Golput

Ribuan pemilih di Morotai Utara Golput
MOROTAI,BRN – Tingkat Golongan Putih (Golput) Partisipasi pemilih Pada pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut) di Kabupaten Pulau Morotai khususnya Kecamatan Morotai Uatra (Morut) bisa dikatakan cukup tinggi. 

Hal ini dapat diketahui dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) kecamatan Morut sebanyak 7144. Akan tetapi hanya 5.197 yang melakukan pencoblosan. Sementara 1.947 memilih untuk golput.

Dari informasi yang dihimpun media ini, tingginya angka Golput ini disebabkan beberapa faktor yakni pengaruh demam piala dunia, tim sukses tidak membagikan duit dan tidak ada calon gubernur yang berasal dari Morotai sehingga memicuh masyarakat untuk memilih untuk golput.

“ Dengan adanya piala dunia masyarakat terhipnotis. Begitu juga masyarakat sudah terbiasa dengan dengan bagi bagi doi dan juga tidak ada calon gubernur yang berasal dari Morotai, “ Ungkap Muhammad Rifai selaku kordinator masyarakat peduli demokrasi kepada media ini Kamis (28/06/2018).

Menurutnya, Pilgub sangat jauh berbeda dengan Pemilihan Bupati atau Pemilihan Legislatif (Pileg) kalau Pileg dan pemilihan Bupati sudah dipastikan jumlah pemilih bertambah dan masyarakat tidak akan Golput. “ ini sudah menjadi budaya masyarakat dalam setiap kali pemilihan gubernur angka golput masih terus ada disetiap momentum Pilgub, “ Cetusnya.

Lanjut dia, rendahnya tingkat partisipasi pemilih disebabkan perilaku masyarakat yang masih apatis, padahal sosialisasi sudah dilakukan oleh lembaga terkait, bahkan seluruh momentum telah dimanfaatkan untuk bersosialisasi namun perilaku masyarkat masih tetap sama. (Fix/Red)
Komentar

Berita Terkini