|

Puluhan Kendaraan Dinas Aset Pemkab Morotai di Lelang

Puluhan kendaraan aset Pemkab Morotai di lelang

MOROTAI,BRN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai melalui  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kementrian Keuangan Negara Cabang Ternate, Kamis (28/06) secara resmi melakukan pelelangan atau penjualan 81 unit kendaraan Dinas milik Pemkab. 
Dari 81 kendaran itu diantaranya kendaraan roda dua (motor) sebanyak 21 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 60 unit 

" Proses pelelangan ini telah sesuai dengan  Peraturan Mentri Keuangan (PMK) Nomor 27 tahun 2016 tentang mekanisme pelaksanaan lelang. Jadi proses pelelangan yang dilaksanakan  sudah sesuai dengan prosedur yang ada, " ucap  Ardat  selaku Pemandu lelang dari KPKNL, di Depan Kantor Badan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (BPKAD) Pulau Morotai.

Menurutnya, Aset kendaraan Dinas milik Pemda yang di lelang sudah memenuhi standar lelang, dimana aset Pemerintah bisa di lelang terkecuali sudah melewati jangka saktu 7 tahun. 

"Kalau untuk Barang milik Daerah (BMD) sesuai dengan Permendagri Nomor 19 tahun 2017  harus minimal 7 tahun atau kondisi fisik di Bawa 30 persen dan harus ada surat keterangan dari Dinas Perhubungan. 

Kata dia,  untuk  syarat lelang  terdiri dari kelengkapan STNK dan BPKB, akan tetapi jika ada barang yang di lelang tidak memiliki STNK dan BPKB itu pun bisa di lelang asalkan ada keterangan dari pemohon dan pihak kepolisian,

Ditanya soal Penyetoran hasil lelang, Ardat mengatakan hasil lelang  akan di setor Pemda Morotai, sedangkan untuk petugas KPKNL sendiri hanya dapat memungut Bea lelang dari proses pelelangan tersebut. 

" Kendaraan yang di lelang dengan harganya 50 juta, kami hanya mengambil 2 persen atau Rp. 1 juta, dan hasil pungut Bea lelang akan setor ke Kas Negara, sedangkan untuk hasil bersihnya kami akan setor ke Pemda Morotai selaku penjual "Jelasnya. 

Lanjut dia, untuk jumlah kendaraan roda dua  dan Mobil hingga berita ini di turunkan belum di ketahui pasti berapa kendaraan roda dua dan roda empat yang terjual, namun dari total 81 kendaraan itu yang sudah terjual 52 kendaraan.

" Kami sementara masi dalam tahapan pelunasan jadi belum di rekap berapa motor dan Mobil yang terjual, yang jelas dari 81 kendaraan yang di lelang itu yang baru terjual 52 kendaraan, " Tuturnya. (Fix)

Komentar

Berita Terkini