|

Pendaki Gunung Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

AKP Roy Simangunsong
TERNATE, BRN - Pasca ditemukannya salah satu pendaki gunung Gamalama Rahmi Abdul Kadir (21) yang dikabarkan hilang pada Rabu (20/6) kemarin, Polres Ternate meminta kepada mahasiswa maupun anak-anak yang sering mendaki puncak gunung gamalama agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Hal ini disampaikan  Kepala Bagian (Kabag) Operasional (OPS) Polres Ternate, AKP Roy Simangunsong di ruang kerjanya, Kamis (21/6).

Menurut Kabag OPS, gunung gamalama merupakan gunung api berstatus aktif sehingga bagi pendaki lebih menjaga dan meningkatkan kewaspadaan. “ Kita tidak bisa berdasarkan pengalaman saja, waspada tentu menjadi modal utama. Misalnya kejadian kemarin, jangan hanya berfikiran bahwa sudah mendaki berkali-berkali namun  waspada serta kehati-hatian  tidak ada pada diri kita, jangan berpersepsi seperti itu Karena perstiwa ini sudah terjadi berulang-ulang kali,” kata Roy.

Ia mengatakan, buruk cuaca sering mmenimbulkan kejadian tak terduga, sehingga bagi pendaki tidak melakukan pendakian dimana cuacanya tidak mendukung. Juga sangat berbaya bilamana pendaki bersikeras naik ke puncak gunung gamalama dengan ketinggian mencapai 1.700 meter dari permukaan laut itu.

“ Dilarang keras mendaki hingga ke radius 1,5 kilometer dari kawah gunung. Selain memiliki kawah yang aktif, gunung gamalama juga sering menimbulkan gempa tektonik di wilayah Malut. Gempa seperti itu biasanya mempengaruhi aktivitas magma,” ujarnya. (shl)
Komentar

Berita Terkini