|

Panwaslu Bakal Panggil 4 ASN Kepsul

Empat oknum ASN yang bakal dipanggil Panwaslu Kepsul Jumat (22/6) besok
SANANA, BRN - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kepulauan Sula dijadwalkan Jumat (22/6) besok bakal memanggil sejumlah oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk diminta klarifikasi karena diduga terlibat aktif dalam politik praktis pada tahapan Pilkada serentak tahun 2018. Oknum ASN itu yakni, Kepala Dinas Pendidikan Kepsul insial AU, Kepala Seksi Diknas Kepsul, Kepala SMP Negeri 4 Sanana insial AU, dan Kepala SD Inpres Fakahu MU. Keempat orang tersebut dimintai keterangan setelah ditemukan ikut berfoto bersama tim pemenang salah satu paslon yaitu Burhan Abdurahman-Ishak Jamaludin (Bur-Jadi) dan mengangkat simbol dua jari.

Ketua Panwaslu Kepsul, Iwan Duwila mengatakan, klarifikasi yang dilakukan terhadap empat ASN itu dalam rangka mengecek dan mendalami hasil foto bersama dengan tim sukses paslon Bur-Jadi dengan mengangkat simbol dua jari. Hasil klarifikasi akan disampaikan jika keterangan atau klarifikasi sudah dilakukan.

“ Surat pemanggilan sudah berikan kepada yang bersangkutan, dan nanti kalau sudah ada hasilnya (kesimpulan) kita akan sampaikan publik,” ujar Iwan via handphone, Kamis (21/6).

Ia menjelaskan, keempat pejabat itu akan diminta keterangan terlebih dahulu untuk dijadikan sumber  acuan selanjutnya. Terkait mekanisme pemeriksaan, Panwaslu Kepsul sudah menyiapkan berbagai bahan pertanyaan untuk menggali informasi peristiwa sebagaimana yang terjadi di foto tersebut. Sebab dalam konteks penanganan pelanggaran sudah sesuai ketentuan dan akan ditindaklanjuti dalam kurun waktu yang ditentukan oleh Panwaslu kepsul. (brn)
Komentar

Berita Terkini