|

DPT Dan SS Pilgub Bertambah

114.118 jiwa pilih Kota Ternate yang tetapkkan sebelumnya, kini mengalami penambahan sebanyak 1.539 jiwa/Ilustrasi

TERNATE, BRN - Perubahan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku  Utara dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penyebabnya, karena masih ada warga yang memiliki hak pilih namun belum terakomodasi. Mereka adalah warga yang namanya belum termasuk DPT pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang dihelat pada 27 Juni pekan ini. Data itu diperoleh setelah warga tidak menemukan namanya dalam DPT yang sudah diumumkan KPU Provinsi Malut.

Seperti penambahan atau perubahan Daftar pemilih Kota Ternate pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara 2018. Dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan sebelumnya untuk Kota Ternate yaitu 114.118 jiwa pilih, kini mengalami penambahan sebanyak 1.539 jiwa pada rapat pleno terbuka rekapitulasi perbaikan DPT pemilihan gubernur dan wakil gubernur di kantor KPU Kota Ternate, Kamis (21/6) tadi malam.

Ketua KPU Kota Ternate Ismad Sahupala mengungkapkan, penambahan DPT ini merupakan tindaklanjut adanya edaran KPU RI Nomor 259 yang meminta KPU provinsi dan Kabupaten/Kota melakukan pencermatan pemilih yang ada di dokumen AC KWK atau pemilih yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik tapi belum termasuk dalam DPT.

“ Penambahan DPT Kota Ternate sekarang menjadi 115.657, jadi penamhaban DPT ini ada kurang lebih 1.539 surat suara yang akan ditambah. Semua rekap akan diserahkan ke Panwas dan tim paslon,” kata Ismad.

Kata dia, konsekuensi perbaikan DPT ini akan menimbulkan pencetakan surat suara baru. sehingga dokumen rekap akan diserahkan ke KPU Provinsi untuk mencetak dua dokumen yaitu dokumen C6 KWK dan surat suara (SS). “Ada kesepakatan KPU dan Bawaslu Provinsi menyepakati yakni perbaikan DPT itu dalam forum pleno terbuka,” turutnya. (emis)

Komentar

Berita Terkini