|

Dandim 0703 Cilacap Pimpin Upacara Peringatan Harla Pancasila ke -73

Jajaran Kodim 0703/Cilacap gelar upacara Peringatan Harla Pancasila ke 73 yang dipimpin langsung oleh Dandim Letkol Inf. Yudi Purwanto. 
CILACAP,BRN - Jajaran Kodim 0703 Cilacap  menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila yang ke 73 dilapangan upacara Kodim Cilacap, jalan Jenderal Soedirman Jumat (1/6/2018) yang diikuti unsur Forkompincam, Dinas UPT dan pelajar ini berlangsung khidmat

Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Yudi Purwanto bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membacakan amanat dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang menyampaikan bahwa, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan dengan rumusan pancasila di tanggal 1 Juni 1945 oleh Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Menurutnya,  saat ini ada pandangan dan tindakan yang telah mengancam ke-Bhinnekaan dan ke-Ika-an bangsa Indonesia baik itu berupa radikalisme, konflik sosial, bahkan teroris dan perang saudara yang sering terjadi di bangsa ini. 

"Kita perlu belajar dari pengalaman negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara," Katanya. 

Selain itu, Presiden dalam amanatnya juga mengajak para tokoh agama, tokoh masyarakat untuk  menjaga nilai-nilai luhur Pancasila sebagaimana sebagai landasan bangsa Indonesia. 

Lanjut dia, peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, meneguhkan semangat  untuk bersatu, berbagi dan berpestasi dan menjaga perdamaian dan persatuan serta persaudaraan di antara kita, bersikap santun, menghormati, bersikap toleran, bahkan saling membantu untuk kepentingan bangsa dan negara. 

"Mari kita saling bahu membahu, bergotong royong demi kemajuan indonesia." Tuturnya. (sty-red) 

Komentar

Berita Terkini