|

Basarnas Ternate Rutin Patroli Dijalur Penyebrangan


Salah satu Speedboad yang siap di berangkatkan
TERNATE, BRN - Jelang H-1 perayaan Idul Fitri 2018, Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate rutin melakukan patroli disejumlah pelabuhan penyebrangan dan bandara di Kota Ternate. Terlihat personil Basarnas disiagakan dengan peralatan lengkap di tempat-tempat mudik, seperti pelabuhan fery Bastiong Ternate, pelabuhan speedboat Bastiong, pelabuhan Semut Mangga Dua, pelabuhan Dufa-dufa, serta Bandar Udara (Bandara) Babullah Ternate.

Kepala Basarnas Ternate, Mustari mengakatakan, Basarnas selalu memberikan jasa pelayanan mudik lebaran kepada pengguna jasa transportasi laut meski memasuki H-1 lebaran jumlah pemudik mulai berkurang. “ Personil yang disiagakan untuk melakukan patroli di jalur mudik dengan menggunakan sarana yang telah disiapkan agar tercipta kondisi aman bagi pemudik,” kata Mustari saat ditemui di Pelabuhan Semut Ternate, Kamis (14/6).

Menurutnya, porsenil yang disiagakan di tiap-tiap pelabuhan selalu siaga atau stand by. 23 porsenil yang disiapkan itu siaga selama 1x24 jam untuk memberikan pelayanan mudik bagi pemudik. Selain petugas yang berjaga-jaga, Basarnas juga menyiapkan peralatan pencarian dan pertolongan bilamana terjadi kecelakaan laut. Sebab, kecelakaan laut sering terjadi karena dipicu 2 faktor yaitu faktor cuaca buruk kesiapan motoris speedboat.
“ Kami tetap siaga, ada 63 personil Basarnas yang berjaga secara bergantian. Kita tetap siaga disejumlah titik,” ujarnya.

Mengantisi hal tersebut, Mustari mengimbau kepada pengguna jasa penyebrangan laut agar lebih mengutaman keselamatan. Pengecekan kapal/speedboat serta kesiapan sebelum melakukan pelayaran kiranya sangat penting. “ Apalgi sekarang ini cuaca buruk, pengecekan kapal/speedboad kemudian kesiapan motoris speedboat juga sangat menentukan. Tujuannya adalah agar memperhatikan alat keselamatan sebelum melakukan pelayaran,” pintanya sembari mengingatkan kepada para pemudik agar lebih memperhatikan keselamatan sehingga dapat diantisipasi dan tidak terjadi kecelakaan. “ Kami berharap arus mudik tahun ini tidak terjadi ha-hal yang tidak diinginkan apalagi kecelakaan laut,” harapnya. (Adelia)
Komentar

Berita Terkini