|

Bahas Kelanjutan Pembangunan Masjid, PT NHM Gelar Pertemuan Dengan Masyarakat

Suasana pertemuan yang digelar di kantor desa Tabobo 

TOBELO, BRN –PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) menggelar pertemuan dengan masyarakat desa Tabobo Kecamatan Malifut Kabupaten Halmahera Utara, Jumat (1/6). Pertemuan dipusatkan di kantor desa Tabobo itu dihadiri langsung Ekting Manejer CSR, Panca, CSR, Hansed Lasa, Kades Tabobo Fajri Kalbi, Ketua BPD Taufan Abubakar, serta masyarakat desa setempat. Pertemuan tersebut terkait tuntutan masyarakat tentang sisa bahan baku pembangun Masjid Al-I’Tisam yang belum diakomudir oleh PT. NHM.

Akting Manejer CSR PT NHM Panca mengatakan, pertemuan pada hari ini merupakan  titik akhir dari pembahasan masalah pembangun Masjid. Karena sesuai hasil verifikasi dan pembahasan, PT NHM berprinsip tetap membantu. Namun tidak menutup kemungkinan PT NHM tidak menhgakomodir sisa bahan baku yang mana dikeluhkan masyarakat. PT NHM hanya bisa melakukan pembangunan pada pagar masjid saja, mengingat banyak kebutuhan lain yang terkait dengan masyarakat untuk dipenuhi.

“ Sesuai dari hasil kesepakatan sebelumnya antara PT NHM dengan masyarakat bahwa PT. NHM hanya membantu dalam Pembuatan Pagar. Untuk kekurangan-kekurangan lainya akan dibicarakan kembali,” ujarnya.
Kata dia, pihaknya sudah berupaya apa yang menjadi tuntutan masyarakat Desa Tabobo. Namun dari hasil Diskusi dengan Managemen PT NHM, tuntutan atau permintaan tersebut tidak disetujui, sehingga itu PT NHM hanya bisa mengakomodir pembuatan pagar masjid. “ Sudah disampaikan ke pihak managemen namun itu tidak mengabulkan apa yang menjadi permintaan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Nurdin M. Poda salah satu perwakilan masyarakat yang juga mantan Kades Tabobo menuturkan, bantuan yang dimaksud adalah bantuan yang sifatnya ikhlas karena menyangkut dengan pembangunan masjid. Sebab menurutnya, pembangunan tersebut sudah dibicarakan sebelumnya yang kala itu dijabat oleh Benny (Akting Manejer CSR PT NHM).  

“ Terkait masalah ini kami sudah bicarakan bahwa Pembangunan Masjid ini akan diselesaikan sampai tuntas, namun pada kenyataannya tidak,” ucapnya.

Perlu diketahui, masyarakat desa Tabobo berencana akan kembali melaksanakan aksi pemboikotan terhadap aktivitas kendaraan logistik PT NHM, karena dinilai hasil mufakat  tersebut tidak ada jalan keluar atau kepastian dari pihak PT NHM. (tim brn). 
Komentar

Berita Terkini