|

AGK-YA Tempati Posisi Wahid Real Count KPU

Abdul Gani kasuba-M Al Yasin (AGK-YA)
TERNATE, BRN – Pesta demokrasi pemilihan gubenur dan wakil gubernur Maluku Utara telah usai ditandai dengan tahapan pencoblosan pada Rabu (27/6) kemarin. Secara umum, pelaksanaan pemungutan suara Rabu kemarin berlangsung lancar dan kondusif.

Seperti biasa, setiap proses pemilihan kepala daerah (pilkada) selalu ada hasil hitung cepat atau quick count dilakukan lembaga survei. Namun hasil quick count  lembaga survei seperti Indo Barometer, Konsultan Citra Indonesia (KCI) dan Syaiful Research And Consulting (SMRC), Indikator Politik Indonesia dan Kelompok Diskusi, serta kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) tidak bisa dijadikan indokator kemenangan karena perhitungannya tidak bersumber form C-1 milik saksi masing-masing paslon. Selain quick count, KPU juga melakukan real count di kantor KPU karena banyak form C-1 yang sudah discan itu akan muncul di layar.

Perbandingan perolehan suara empat paslon. Perolehan ini berdasarkan hitungan real count KPU berdasarkan form C1 saksi masing-masing paslon. sumber KPU Provinsi Maluku Utara pukul 15:55 WIT
Berdasarkan hasil real count KPU Provinsi Maluku Utara pada Kamis (28/6) pukul 15:55 WIT memperlihatkan ada 1278 TPs dari 2137 yang sduah masuk ke KPU. Dari hasil perolehan tersebut tampak AGK-YA menempati urutan pertama dari tiga paslon lainnya yakni AHM-Rivai, Bur-Jadi, dan MK-Majhu. AGK-YA mengoleksi 143.412 suara atau 30,97 persen, disusul AHM-Rivai 29 persen dari 136.365 suara. Di posisi ketiga ada nama Wali Kota Ternate dan mantan rektor UMMU Ternate yakni Burhan Abdurahman dan Ishak Jamaludin (Bur-Jadi). Paslon yang diusung 5 partai politik ini meraih torehan 28.08 persen dari 130.036 suara, sementara MK-Majhu berada di posisi terakhir dengan capaian 11.51 persen dari 53.285 suara.

Perolehan suara  real count akan terus mengalami perubahan menyusul TPS di sebagaian Kabupaten belum masuk ke KPU Malut. (emis)
Komentar

Berita Terkini