|

8.223 Personil Gabungan Siap Amankan Pilgub

Kapolda Malut, Brigjen (Pol) M Naufal Yahya didampingi Kabid Humas AKBP Hendry Badar saat memberikat keretangan di Mapolda, Minggu (24/6)
TERNATE, BRN - Sebanyak 8.223 personil gabungan pengamanan pilgub yang disiapkan Polda Maluku Utara. Gabungan personil dari Polda Malut, Polres jajaran, PAM TNI, Kodam, dan PAM Linmas siap dikerahkan di 2.137 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Malut.

“ Semua anggota Polda sore nanti akan berangkat ke Polres jajaran untuk menempati TPS-TPS, karena jumlah personil dari polres masih kurang”, ungkap Kapolda Malut, Brigjen (Pol) M. Naufal Yahya, usai menggelar apel pergeseran pasukan PAM TPS Pilgub, Minggu (24/6/2018) di halaman Mapolda Malut.

Kapolda menuturkan, setiap personil diberi amanat untuk tetap menjaga netralitas sehingga tidak saling mengintimidasi di setiap TPS. Apalagi saling perintah/tekanan saat hari H pencoblosan. “ Kami sudah berikan pembekalan kepada seluruh anggota, gimana mereka bertugas di TPS A sampai Z itu sudah di latih”, terangnya.

Kata Kapolda, untuk daerah perbatasan seperti Halmahera Utara (Halut) dan Halmahera Barat (halbar) agak sedikit unik. Alasanya, kedua kabupaten ini sering diwarnai dengan pemboikotan saat hari H pencoblosan, mereka selalu memboikot untuk tidak memilih. Sehingga Polda Malut beserta KPU dan Bawslu menyetujui membentuk TPS khusus di dua kabupaten itu.

“ Khusus untuk dua perbatasan kabupaten ini saja, karena ini adalah pilgub sehingga semua suara harus direkap, terkecuali pemilihan Bupati itu agak krusial”, kata orang nomor satu di Mapolda itu menambahkan, untuk Pilgub Malut ini kami pastikan aman. (Shl)
Komentar

Berita Terkini