|

Polda Malut Siap Amankan Jalannya Pilkada



Persiapan Polda Maluku Utara siap amankan jalannya Pilkada


TERNATE,BRN – Dalam rangka menjelang pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Maluku Utara di 27 Juni mendatang, Polda Malut telah siap sejak dini mengamankan jalannya Pilkada. Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolda Malut Brigjen Pol. M Naufal diselah-selah apel kepada sejumlah awak media Selasa (08/05/2018).

Menurutnya, dalam pelaksanaan apel dilapangan perikanan Bastiong, Polda Malut menggandeng beberapa instansi terkait yakni Danrem 152 Babullah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malut, Badan SAR Nasional (Basarnas) Malut Satuan Polisi Pamong praja (Satpol-PP) Malut.

“ Apel yang dilaksanakan oleh instansi ini sebagai bentuk kesiapan sarana prasarana seluruh personel untuk turut berperan aktif dalam rangka kesiapan untuk menjelang pesta demokrasi

Kata dia, Dalam rangka pengamanan mejelang pesta demokrasi,Polda Malut  menerurunkan 4.200 personil, sedangkan dari Kodam menurunkan 1.300 personil, untuk mengamankan jalannya pilkada sebab Maluku Utara dianggap sebagai daerah yang rawan konflik dalam setiap kali momentum pilkada calon gubernur dan wakil gubernur Malut.
Selain mengamankan Pilkada, Polda Malut juga menggandeng BPBD dan Basarnas untuk berperan aktif dalam rangka kesiapan Penanggulangan bencana alam sebab bencana merupakan peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan masyarakat

“ Bencana disebabkan oleh faktor alam maupun non-alam bahkan faktor manusia yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa serta kerusakan lingkungan. Dari 14 bencana alam yang ada di indonesia, 11 bencana yang sering terjadi di daerah ini yakni gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, Banjir Lahar dingin, Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung, Gelombang Pasang, serta gelombang tinggi, “ pungkasnya.

Lanjut dia, dari jenis potensi bencana diatas,hanya tsunami yang belum melanda Maluku Utara selebihnya sudah sering terjadi. “ maka diharapkan kepada semua pihak baik itu pemerintah dan TNI-Polri serta masyarakat agar turut berperan aktif dalam membangun kesadaran untuk menanggulangi bencana, “ harapnya. (shl)

Komentar

Berita Terkini