|

Ini Peran Komunitas Dalam Gelaran Ternate Coral Day

Dewan Pembina JARKOT DR. Rizal Marsaoly, SE. MM saat pose bersama dengan pemenang

TERNATE, BRN - Kegiatan Ternate Coral Day yang digagas Komunitas Jaringan Komunitas Ternate (JARKOT) berdampak positif, baik untuk masyarakat umum hingga memberikan pemahaman bagi wisatawan untuk ke lokasi wisata di Kota Ternate.

Tak hanya itu, dalam rangkaian kegiatan ini pun bermanfaat bagi para komunitas-komunitas lain. Sebab, kegiatan Ternate Coral Day juga diisi dengan berbagai sharing skill antar komunitas baik lokal maupun nasional. Misalnnya tahun 2018, kegiatan Ternate Coral Day kali ini diikuti komunitas yang ada Kota Ternate juga komunitas dari Jakarta. Mata  lomba yang dilombakan pun terbilang sangat pro terhadap lingkunga, dimana lombakan tersebut mulai dari transplantasi terumbu karang di Jikomalamo, lomba foto underwater hingga talk show konservasi sebagai akar pariwisata di Benteng Oranje. Narasumber yang dihadirkan nanti adalah Ashma Karimah (Peneliti Terumbu Karang), Risya Nurfitriyani (Miss Scuba dan Founder Treavel Share), dan Aditiyawan Ahmad (Akademisi dan Pegiat Konservasi Laut).

Ketua Komunitas Enjoy Ternate Zulfikri Maulana mengatakan, kegiatan digagas oleh orang-orang yang tergabung dalam berbagai komunitas itu kemudian bergerak merespon cepat  terhadap rusaknya biota laut dan terumbu karang yang disebabkan oleh ulah manusia maupun faktor alam. Ditambah lagi Kota Ternate belum memiliki spot atau zona konservasi di bawah laut. 

“ Kegiatan ini berdampak positif sekaligus sosialisasi pada para wisatawan ketika berkunjung ke zona wisata pantai di Ternate. Dengan harapan semua element masyarakat dan pemerintah dapat menjaga dan melestarikan terumbu karang maupun ekosistem laut lainnya,” ujar Zulfikri memalui rilis yang terima media ini, Rabu (2/4) kemarin

Zulkifli mengaku, selama persiapan kegiatan, respon para pegiat diving tidak sedikit yang merespon agar terlaksananya  dengan cara berdonasi adopsi bibit terumbu karang. Ada kurang lebih sekitar 160 bibit karang yang diadopsi dari 1000 bibit yang telah disiapkan dan sisa dari bibit tersebut bakal di buat kegiatan yang sama ke depan. Namun untuk spot nya masih dalam tahap observasi.

Lanjutnya, pada acara Talk Show di Benteng Oranje itu dimeriahkan dengan pentas musik, dan pameran foto bawah air. Dewan Pembina JARKOT DR. Rizal Marsaoly, SE. MM, turut hadir dalam penyerahan hadiah pemenang lomba foto bawah air.

DR. Rizal Marsaoly menyerahkan hadiah bagi pemenang
“ Saya turut mengapresiasi apa yang telah digagas para pegiat komunitas. Sebab, yang mereka lakukan adalah hal yang penting dan menarik,” kata Rizal yang juga selaku  Kadis Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Ternate (Disperkim).
Menurutnya, kegiatan ini penting guna memberikan nilai edukasi tentang kampanye lingkungan. Bahkan, para akademisi dan peneliti turut memberikan kontribusi. Rizal mengungkapkan, diskusi tentang terumbu karang dan dampak lingkungan saat talk show banyak menarik perhatian, karena kegiatan ini belum banyak dilakukan di Maluku Utara khususnya Kota Ternate.

Sementara itu, Kordinator JARKOT Zandry Aldrin mengatakan, ini adalah langkah awal pegiat komunitas secara kreatif menggagas kegiatan yang sebenarnya adalah kampanye penyadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan. Ke depan semoga bertambah komunitas - komunitas yang cinta laut dan lingkungan di Kota Ternate.

Zandri pun menyampaikan banyak terima kasih pada pegiat komunitas yang turut berperan aktif dalam rangkaian acara Ternate Coral Day seperti komunitas Enjoy Ternate, Laconna Dive Club, Sea Soldier Malut, Travel Share, Disperkim, Bank Indonesia, Explore Ternate, PT Adis, Igers Ternate, Pardidu Photo, Jalamalut, Pelangi Ternate. (tim brn)
Komentar

Berita Terkini