|

Penyelundupan Ular dan Biawak Berhasil Digagalkan

Barang Bukti Yang Berhasil Diamankan Petugas


TERNATE BRN – Meski berupaya mengelabui petugas, akan tetapi paket yang berisikan Ular dan Biawak berhasil digagalkan petugas Bandara babullah Ternate.

Peket tersbut rencana dikirimkan ke Jakarta melalui Bandara Babullah Ternate, akan tetapi berhasil digagalkan pada saat pemeriksaan X Ray Bandara, petugas langsung menghubungi balai Karenatina Pertanian Kelas II Ternate.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, petugas Balai Karenatina Pertanian Kelas II Ternate akhirnya menuju Bandara Babullah untuk mengamankan barang milik pengguna jasa ekspedisi.

  Untuk mengelabui petugas, pemlik paket tersebut menagku paket tersebut berisikan kue, modus tersebut terbongkar saat paket melewati pemeriksaan x-ray bandara. Petugas x-ray segera menghubungi petugas Karantina Ternate yang kemudian lakukan penahanan" Ungkap Kepala Seksi Karantina Hewan BKP Kelas II Ternate Setyawan Pramularsih kepada wartawan Selasa (15/04/2018).

Sementara itu Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, Andi PM. Yusmanto memebnarkan, Biawak dan Ular yang ditahan tersebut dikemas dalam satu paket karton . Dan petugas Karantina Ternate segera menyerahkannya ke pihak BKSDA Ternate.
"Jenisnya, ada 6 ekor Varanus melinus, 2 ekor Varanus indicus, dan 1 ekor ular Candoia poulsoni tasmai," katanya.

Peredaran hewan dan tumbuhan memang harus menjadi perhatian. Harus dilengkapi sertifikat kesehatan dan dokumen lain untuk menjaga kelestarian plasma nutfah.
"Peredaran satwa liar memang rawan terjadi disini. Namun, Karantina Ternate selalu berupaya mencegahnya bersama pihak-pihak terkait. Sudah beberapa kali berhasil mengagalkan upaya penyelundupan seperti ini, dengan jenis dan modus yang terus berkembang. Ini untuk melindungi sumber daya alam Maluku Utara (Malut) yang luar biasa," Tutupnya (Shl/red)

Komentar

Berita Terkini