|

Layani Penukaran Uang, BI Malut Siapkan 700 Milyar

Kepala BI perwakilan Maluku Utara Tugas Waliyanto

TERNATE, BRN – Bank Indonesia (BI) Maluku Utara akan melayani penukaran uang dengan beberapa oulet bank bertempat di  pasar Higienis Kota Ternate. Hal ini disampaikan kepala BI perwakilan Maluku Utara Tugas Waliyanto, Senin (28/5).

Tugas mengatakan, uang yang disiapkan untuk melayani penukaran senilai Rp 7 Milyar. Dalam penukaran uang ini diharapkan dapat mengatasi dan memenuhi kubutuhan masyarakat di Provinsi Maluku Utara. Penukaran dimulai pagi hari hingga siang hari. “ Untuk waktunya, kita mulai pukul 9.00-12. 00 WIT. Rens waktu kurang dari 3 jam ini di harapakan masyarakat Malut bisa melakukan penukaran uang yang sudah disediakan BI,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk Hamahera Utara (Halut) dan Halmahera Selatan (Halsel) BI menyiapkan uang kurang lebih Rp 350 Milyar untuk melayani masyarakat. Halut disediakan Rp 200 Milyar dan Halsel senilai Rp 150 Milyar. Besaran uang untuk kedua kabupaten ini sudah disesuaikan dengan banyaknya masyarakat. Ditambah lagi dengan kas titipan yang ada di kedua kabupaten ini diyakini dapat melayani dengan optimal. “ Untuk Halut dan Halsel akan di mulai itu pada tanggal 30 Mei 2018. Halut sendiri melayani penukaran uang senilai Rp.200 Milyar karena mereka punya ekonomiyang  besar,” terangnya.

Menurutnya, layanan penukaran uang kali ini berbeda di tahun-tahun sebelumnya. Dimana, tahun lalu BI hanya menyiapkan uang senilai Rp 600 Miliyar untuk melayani masyarakat. Perbandingan ini diketahui setelah perhitungan masing-masing outlet bank kebanyakan melayani uang pecahan Rp 20 ribu sampai pecaha seribu.

“Karena hitungan masing-masing perbangkan, yang diminati untuk melakukan penukaran itu malai dari pecahan  Rp.20 ribu kebawah.  Ini karena uang pecahan tersebut banyak digunakan sebagai tunjang seperti THR dan gaji tiga belas sehingga tahun ini kebutuhan uang pecahan Rp 20 ribu juga meningkat. (Shl)
Komentar

Berita Terkini