|

KKSS Gelar Dialog Budaya dan Pelantikan Pengurus

PELANTIKAN: Foto bersama pengurus KKSS

TERNATE, BRN - Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Maluku Utara menggelar dialog budaya sekaligus pelantikan pengurus. Agenda dialog budaya dan prosesi pelantikan itu KKSS melibatkan Pengurus Wilayah Ikatan Wanita Sul-Sel (IWSS) dan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Sul-Sel (IKAMI) Cabang Ternate.

Ketua BPW KKKS Malut Iriansya Tadjuddin mengatakan, dialog budaya dan pelantikan ini bukan hanya memperkenalkan warga Sulawesi Selatan yang ada di Malut saja, akan tetapi lebih menekankan pada kontribusi khususnya pembangunan bidang ekonomi dan budaya di Maluku Utara. “ Jadi bukan konsepnya hanya di ternate saja tapi di Sepuluh Kabupaten/Kota Malut,” ujar Iriansyah usai  pelantikan, Kamis (10/5).

Kemajemukan masyarakat yang ada di Malut salah satunya warga Sul-Sel (Bugis Makassar) tidak hanya serimonial saja, akan tetapi kemajemukan itu dijadikan sebagai unjung tombak untuk menggali potensi Malut lebih dalam lagi.

Menurutnya, pengembangan ekonomi, sosial dan pendidikan tak lepas dari sumbangsi dan peran aktif seluruh elemen masyarakat termasuk masyarakat Sulawesi Selatan yang ada Malut. Maluku Utara dan Sulawesi Selatan memiliki benang merah yang sama yaitu kesejahteraan. Kebijakan dan sinergisitas harus dijadikan motivasi dalam pengembangan daerah.

“ Misalnya dari sisi pendidikan, orang Sulawesi bisa datang kuliah di Maluku Utara, begitupun sebaliknya. Hubungan emosional kedua kota ini sudah terbina, dan kalau ini tetap dijaga sudah barang tentu berjalan baik,” harapnya.

Kata dia, kekerabatan emosional terlihat pada perkawinan silang. Dimana seiring berjalannya waktu hubungan secara kekeluargaan ini tetap terjaga sampai sekarang.
Ia berharap adanya dialog ini dapat mempererat kerukunan dan lebih memperjelas keberadaan masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Bugis-Makasar Maluku utara. (Ind)
Komentar

Berita Terkini