|

Bawaslu Bakal Tindaklanjut Perlakuan AHM

Kordiv Hukum Bawaslu Aslan Hasan

TERNATE, BRN
– Menindaklanjuti video yang beredar di media sosial, baik itu Facebook dan WhatsApp terkait dengan perlakukan calon Gubernur Malut Ahmad Hidayat Mus dengan terang-terangan membagikan uang tunai kepada warga saat kampanye akbar yang digelar di lapangan Perikanan Bastiong belum lama ini. Bawaslu malut akan segera mengusut tuntas.

Maney politik dalam UU pilkada dan PKPU subjeknya ada pada dua pihak pelaku, pemberi dan penerima  dan saat ini belum terdeteksi siapa penerimanya olehnya itu bawaslu belum bisa melakukan panggilan kepada AHM sebelum memeriksa penerima ungkap kordiv Hukum Bawaslu Aslan Hasan Selasa (15/5/2018).

Menurutnya, secara kelembagaan yang dibahas di dalam pimpinan Bawaslu, prinsipnya akan ditindaklanjuti, tetapi ada pertimbangan-pertimbangan beberapa hal akan menjadi kendala dalam proses pemeriksaan tetapi kami  akan tindaklanjuti dan tetap diupayakan
" Kita tidak boleh berdiri hanya satu subjek harus kedua-duanya pemberi dan penerima harus sama sama diperiksa  dan kalau hanya satu pihak kami tidak bisa tindaklanjuti.

Lanjutnya, jarak pengambilan video rekaman tidak terlalu kelihatan objeknya yang diberikan atau barang itu belum terdeteksi dan harus memeriksanya dengan digital forensik.

" Orang bisa datang mengaku atau ada saksi yang mengenal benar siapa yang menerima sehingga bawaslu mempunyai gambaran untuk memeriksa itu secara seksama”. Kalau misalnya tanpa medikal forensik, satu satunya alternatif adalah si penerima mengaku bahwa yang diberikan adalah uang maka kami bisa telesuri dari situ,pungkasnya (Ind/red)

Komentar

Berita Terkini