|

Pekan Depan SMK Putra Bahari Gelar Ukom

Kepsek SMK Putra Bahari saat mengawas Latihan UKom

TERNATE, BRN – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Putra Bahari Kota Ternate merencakan pekan depan akan melaksanakan Ujian Kompetisi (Ukom) di dua program studi kejuruan dan tiga keahlian yang dipangtau langsung tim asesor  Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jakarta. Hal ini disampaikan kepala SMK Putra Bahari, Hi. Umar Muchtar, Senin (9/4/2018) di ruang kerjanya.

Umar mengatakan, pergeseran jadwal pelaksanaan Ukom itu berdasarkan urutan jawdal yang disusun BNSP dan LSP. “ Ada pergeseran jadwal,” singkatnya. 

Dikatakannya, tiga program studi keahlian terdiri dari program Nautika Kapala Niaga, program keahlian keperawatan, dan program keahlian farmasi. Sedangkan dua program studi kejuruan itu adalah program pelayaran. Dari tiga program kejuruan itu, program Nautika Kapala Niaga  lebih dulu melakukan Ukom. “ Asesor kali ini dari beberapa badan Diklat, insya Allah mereka akan tampil pada hari Rabu (11/4/2018),” ujarnya.

Kata dia, saat ini pihaknya masih melakukan pra Ukom. Adanya pra Ukom ini peserta didik belajar membiasakan diri lebih awal agar tidak merasa gerogi ketika berhadapan dengan tim asesor saat pelaksaan Ukom. “ Untuk peserta didiknya ada 40 orang, dan sudah dilengkapi dengan peralatan pelayaran bagi peserta program kejuruan atau biasa dikenal dengan simolator program Nautika Kapala Niaga,” kata Umar.

Lanjutnya, untuk program kejuruan keperawatan dan farmasi, saat ini sudah dilakukan pra Ukom dan sudah disepakati tim asesor. Dirinya merasa bangga SMK Putra Bahari sebagai sekolah kejuruan pertama yang melakukan Ukom yang mana melibatkan langsung BNSP dan LSP dari Jakarta. “ Peserta Ukom juga di bekali sertifikat berstandar internasional,” terangnya sembari berharap para lulusan angkatan ke empat ini mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara. “ Kami berbangga hati dan berharap kepada Pemerintah Provinsi MALUT supaya melihat dan mendukung untuk mensukseskan jalannya Ukom,” harapnya. (Shl/red).
Komentar

Berita Terkini