|

Operasi Bina Karuna 2018 Tangani Karhutla Dengan Upaya Preemtif, Preventif, dan Law Inforcement



Kalbar,BRN - Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalbar menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna 2018 bersama instansi terkait, bertempat di Jalan Ayani III Kubu Raya, Kamis (12/4) pagi.

Apel Gelar pasukan yang dilaksanakan di Jalan Ayani III Kubu Raya ini bukan tanpa alasan, namun karena dalam tiga bulan terakhir Kabupaten Kubu Raya sendiri menjadi Kabupaten dengan titik Hotspot tertinggi di wilayah Kalbar.

Dalam Sambutannya Kapolda Kalbar menjelaskan, tahun 2015 Indonesia mengalami bencana Karhutla sangat besar dan 99% karhutla disebabkan bukan karena terbakar namun karena dibakar, butuh kerja keras, tekad dan kegigihan dalam menanggulanginya, akibatnya Indonesia mengalami kerugian negara sebesar 16,1 juta dolar amerika atau sekitar 225 miliar rupiah," ujar Kapolda Kalbar.

Ada tiga langkah yang diambil Polda Kalbar dalam Operasi Bina Karuna kali ini yakni dengan cara preemtif antara lain pemetaan, sosialisasi, dan himbauan kepada masyarakat, kemudian preventif dengan melaksanakan patroli bersama, dan pemadaman bersama, serta upaya law inforcement yakni dengan penyidikan di tempat kejadian untuk mencari pelaku pembakaran.

Kapolda Berharap dengan sinergitas antar instansi dan masyarakat, tahun 2018 ini wilayah Kalimanyan Barat dapat bebas dari bencana Karhutla karena Karhutla sendiri sangat banyak merugikan masyarakat baik kesehatan maupun di bidang ekonomi.(Sabri/Red)

Komentar

Berita Terkini