|

Kit Sau Jadi Energi MK MAJU Menang Di Sula dan Taliabu

Calon Gubernur Provinsi Maluku Utara : Dr. Muhammad Kasuba pada saat memberikan orasi politik.

SANANA, BRN - Masing-masing calon kepala daerah yang maju dalam kontestasi Pilgub kali ini terus bergeliat mencari simpati dan dukungan masyarakat. Para calon terus bersosialisasi menyampaikan visi dan misinya jika terpilih menjadi pemimpin.

Seperti halnya yang dilakukan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut) Muhammad Kasuba dan Abdul Majid Husen (MK-MAJU).

Kali ini mereka mendapat dukungan dari masyarakat Desa Mangoli, Pulau Taliabu dan Kepulauan Sula yang sebagian besar menyatakan dukungannya kepada pasangan MK-MAJU. Dukungan itu diberikan karena MK-MAJU dinilai pasangan ideal untuk memimpin Malut lima tahun mendatang.

Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula juga  telah menganut Falsafah persaudaraan yang disebut dengan Kit Sau. yang bermakna Ipar lebih tinggi kedudukannya daripada saudara kandung. Hal ini tentunya menambah rasa optimisme keduanya dalam memenangkan kontestasi Pilgub.

Sebagaimana diketahui, Istri Calon Gubernur Muhammad Kasuba yakni Nurdiana Yoi Sangaji merupakan putri yang berasal dari Sula. Maka tentunya gelar Kit Sau melekat kepada diri Muhammad Kasuba.

Gelar Kit Sau ini Seperti ada energi yang menjadi perekat antara masyarakat Sula dengan kedua pasangan ini sebab Muhammad Kasuba memiliki modal Kit Sau yang bermakna anak mantu melebihi saudara kandung. Ungkap Muhammad Kasuba dalam kampanye zona 4 di Desa Mangoli Minggu (29/04/2018).

Menurutnya, Kampanye yang dilakukan di Kepulauan Sula dan Taliabu lebih mengarah pada logika kampanye politik kultural atau budaya karena dirinya menjadi bagian dari keluarga besar Sula Taliabu dan Mangoli.

" dalam budaya orang Sula Mangoli dan Taliabu, menempatkan Saunya lebih tinggi derajatnya dibanding dengan saudara kandung maka tentunya dalam momentum Pilgub ini jika kedua pasangan ini ditakdirkan terpilih menjadi Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara sudah tentunya akan memperhatikan kebutuhan yang menjadi dasar masyarakat Sula Mangoli dan Taliabu, " Pungkasnya.

Lanjut dia, MK-MAJU akan  mempertimbangkan dan mengedepankan nurani kemanusiaan untuk Mengatasi berbagai permasalahan yang ada di Malut serta melayani kebutuhan dasar masyarakat Maluku Utara. (Amn)
Komentar

Berita Terkini