|

Kampanye di Medsos, Empat Paslon Diminta Ikuti Ketentuan PKPU


Ilustrasi Kampanye di Medsos
TERNATE, BRN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara meminta kepada empat pasangan calon peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur untuk tetap menjaga netralitas berkampanye di media sosial (medos). hal ini disampaikan Ketua KPU Malut. 

Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo mengatakan, pola kampanye melalui sarana medsos, menjadi salah satu perhatian khusus. Sebab menilik kondisi saat ini, sarana komunikasi berbasis internet tersebut menjadi salah satu sumber penyebaran informasi palsu atau hoaks serta kampanye negatif. “ Karena bisa berkibat pidana. Misalnya, menyebarkan informasi hoax, kampanye hitam, apalagi sekarang ini banyak akun palsu yang terus bermunculan,” ujarnya, Rabu (4/4/2018).

Agar pelaksanaan pilgub berjalan lancar dan demokratis, pihaknya berharap semua paslon peserta pilgub mengikuti ketentuan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017, tentang Kàmpanye pemiihan kepala daerah. Sealin itu, KPU juga meminta kepada tim Cyber Crime Polda Malut untuk lebih aktif memantau akun-akun facebook dan media sosial yang mana sering digunakan dalam berkampanye. “ KPU hanya memantau akun yang terdaftar,” katanya.
Kata dia, hingga jelang berakhirnya masa kampanye tertutup pada tiap-tiap paslon, hanya paslon MK-Maju yang mendaftarkan akun media sosial jenis facebook (Fanpage) dan satu instagram. “ Hanya MK-Maju yang daftarkan akun resminya, sementara yang lain belum sampai sekarang,” akunya.
Demi menjaga lancarnya perhelatan pilgubtahun ini, dirinya mengimbau agar akun resmi paslon yang digunakan untuk kampanye harus didaftarkan ke KPU. “KPU berharap akun medsos paslon yang digunakan untuk kampanye harus didaftarkan ke KPU,” ujarnya.
Perlu diketahui, untuk mengunjungi akun paslon MK-MAJU, cukup ketik alamat facebook @MK.malut2018, https://www.facebook.com/MK.malut2018// dan Alamat Instagram mk.malut2018 http://instagram.com/mk.malut2018/. (emis/brn)

Komentar

Berita Terkini