|

Hari Terakhir UNBK SMPN 2 Berjalan Baik

Kepala SMPN 2 Ternate Isman Dano Idris

TERNATE, BRN - Hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 di tingkat SMP berjalan lancar. Seperti yang terlihat di SMPN 2 Kota Ternate, Kamis (26/4).  

Kepala SMPN 2 Ternate Isman Dano Idris menyebutkan, mulai hari pertama sampai memasuki hari terakhir (sesi terakhir) ini  berjalan dengan sangat baik. Isman mengaku, sebelumnya yang dikhawatirkan adalah jaringan atau server dan sistim pemadaman lampu secara tiba-tiba selama pelaksanaan UNBK berjalan. “ Alhamdulilah sampai 4 hari ini  tidak ada kendala apa apa,” terangnya.

Isman mengatakan, tercatat sebanyak 274 siswa yang mengikuti pelaksanaan UNBK. Sampai dengan sesi terakhir ini, siswa-siswi dapat mengikuti  setiap tahapan pelaksanaan ujian dengan baik. Dia juga berharap, usaha dan kerja keras siswa selama UNBK dapat mengangkat prestasi dari tahun-tahun sebelumnya.

“ Semoga hasil ujian yang dicapai dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, serta nilai yang dicapai juga lebih maksimal,” harapnya.

Secara mandiri, pelaksanaan UNBK tidak terlepas genggaman tangan dari pemerintah terutama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) maupun Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan sarana prasarana melalui alokasi dana APBD.

Belum optimal­nya kesiapan sarana prasarana UNBK tahun ini salah satunya ditunjukkan dengan masih ba­nyaknya sekolah yang terpaksa meminjam perangkat kompu­ter untuk ujian dari siswa, guru, bahkan sekolah lain. “ Contohnya tahun lalu, SMPN 2 bermitra dengan SMKN 2 untuk melaksanakan UNBK,” ungkap Isman.

Menurutnya, ujian nasional bisa digunakan sebagai alat pencapaian pendidikan dan kelulusan secara nasional asal telah terpenuhi pemerataan fasilitas pendidikan. Komitmen dan program-program Pemda dalam hal pemerataan sarana prasarana sudah tentu sangat dibutuhkan bagi sekolah-sekolah yang masih kekurangan sarana prasarana pendukung seperti komputer. (Ind/red)
Komentar

Berita Terkini