|

Hari Pertama Pelaksanaan UNBK Mengalami Gangngguan Jaringan

Keterangan Gambar: Tampak tiga orang panitia UNBK yang sibuk mengatasi memperbaiki gangguan jaringan

TERNATE, BRN – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Ternate terganggu, Senin (9/4/2018) pagi tadi. Pasalnya, jaringan internet mengalami gangguan. Hal ini menyebabkan, proses UNBK dan peserta UNBK di dua ruangan SMA N 1 dan SMA N 3 Kota Ternate harus menunggu jaringan internet kembali normal. Kondisi serupa juga terjadi di beberapa SMA di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Kepala SMAN 1 Ternate, Ramli Kamaludin mengatakan, sebelum dilakukan UNBK pada peserta, pihaknya lebih dulu melakukan uji coba, dan semua fasilitas yang diperlukan itu tidak mengalami masalah. “ Terkait dengan persiapan SMAN 1 Ternate sudah siap 100 persen,  tadi malam kurang lebih pukul 02.30 WIT kita lakukan uji coba komputer dan jaringan internetnya, dan semuanya readi,” ujar Ramli.

Kendati begitu, kata dia, terkendalanya jaringan internet itu tidak sama sekali menggganggu proses pelaksanaan UNBK pada sesi pertama. Sebab, sesi pertama UNBK dilaksanakan kurang lebih satu setengah jam itu berlaku waktu yang sama pada sesi susulan di dua ruangan yang mengalami kendala sebelumnya. “  karena waktunya sama yaitu 1 jam 30 menit, dan Alhamdulillah pelaksaannya tidak ada masalah,” terangnya.

Terpisah, pelaksana tugas (Plt) gubernur Maluku Utara, M. Natsir Taib kepada wartawan mengaku akan berkoordinasi dengan kepala dinas (Kadis) Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Provinsi Maluku Utara, Imran Yakub dan PT. Telkom terkait dengan beberapa problem yang dialami di hari pertama pelaksanaan UNBK. “ Saya akan instruksikan ke Kadikjar untuk selalu memantau jalannya UNBK, karena mereka ini termasuk dalam panitia UNBK terutama di PT. Telkom,” tandasnya. (emis/red)
Komentar

Berita Terkini