|

Hari Pertama KPUD Malut Terima Berkas 3 Balon DPD-RI

Abd Rachman Lahabato Menyerahkan Dukungan Syarat di KPU Malut

TERNATE, BRN – Penyerahan dukungan syarat pencalonan perseorangan bakal calon legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku Utara resmi dibuka hari ini, Minggu (22/4/2018). Hari pertama pendaftaran ini terbilang sepi pendaftar, dimana terlihat pada akhir waktu pendaftaran hari pertama pukul 16.00 WIT sore tadi hanya 3 Bacaleg DPD RI yang mengonfirmasi menyerahkan berkas administrasi dan tanda dukungan diantarnay Burhan Ismail, Abdu Rachman Lahabato, Yahya Hasan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara, Syahrani Somadayo mengatakan, 3 Bacaleg DPD RI tersebut menyerahkan dukungan syarat perseorangan di waktu yang berbeda. Pertama adalah Burhan Ismail, disusul  Abd. Rachman Lahabato dan Yahya Hasan.

KPU masih menunggu pendaftaran Bacaleg DPD RI hingga Kamis (26/4) nanti. Semua dukungan syarat pencalonan akan di verifikasi untuk memastikan memenuhi syarat atau tidak. “ Pendaftaranya dibuka selama 5 hari, dimulai hari ini, Minggu (22/4/) dan ditutup pada Kamis (26/4). KPU akan mengkroscek, apakah syaratnya memenuhi secara keseluruhan atau tidak,” pungkas Syahrani, Minggu (22/4).

Syahrani belum memastikan kapan ramai pendaftar bacaleg DPD RI, namun dia meyakini sehari dua seluruh perwakilan putera-puteri terbaik Maluku Utara yang maju bertarung pada momentum di 2019 ini akan menyerahkan dukungan syarat pencalonan perseorangan di KPU.

Kata Syahrani, dalam 5 hari kedepan KPU memberikan waktu terhadap peserta bacaleg DPD RI kurang lebih 8 jam (8.00-16.00) untuk menyerahkan dukungan syarat ke penyelenggara pemilu. Peserta yang tidak menepati waktu pendaftaran, KPU tidak menerima berkas. “ Kalau terlambat waktu, kami persilahkan besok harinya,” katanya sembari menambahkan diakhir waktu pendaftaran KPU membuka kesemapatan hingga pukul 00.00 malam.
  
Tak hanya itu, Syahrani juga mengimbau kepada peserta bacaleg DPD RI agar segera menyerahkan berkas administrasi diawal hari pendaftaran. Sebab, bilamana ada kekurangan atau kesalahan administrasi dukungan syarat pencalonan masih ada waktu perbaikan. “ Kalau pendaftaran yang dilakukan peserta itu di hari terakhir pendaftaran, otomatis tidak ada lagi waktu perbaikan dukungan syarat,” imbuhnya. (emis/red)
Komentar

Berita Terkini