|

Dilantik DPP, IWO Kota Ternate Komitmen Perangi Berita Hoax



TERNATE, BRN -  Dewan Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara resmi lantik. Prosesi pelantikan tersebut dipusatkan di gedung Duafa Center Kelurahan Gamalama Kecamatan Kota Ternate Tengah, Minggu, 1/4/2018).

Ketua umum IWO, Jodhi Yudono mengatakan, hadirnya IWO dari dahulu untuk mencari perkawanan. Terbukti, saat ini IWO sudah berdiri dari Aceh sampai Papua. “ IWO saat ini sudah hadir dari sabang hingga Merauke. Kekuatan IWO sangat besar, dari tangan teman-teman semua berita kebenaran harus dimunculkan,” kata Jodhi.

Berita hoax tentunya sangat merugikan, bahkan bisa menimbulkan perpecahan. Karena itu, harus ada komitmen bersama untuk melawannya. “ Berita bohong harus kita lawan,” tegasnya.

Senada juga disampaikan Ketua IWO Kota Ternate, Budiman L. Mayabubun. Pria yang akrab disapa Budi itu mengatakan, sebagai insan pers harus memberikan atau menyajikan informasi yang benar kepada masyarakat. “ kehadiran IWO Kota Ternate untuk menangkal adanya berita-berita bohong,” katanya.

Sementara itu, Ketua IWO Provinsi Maluku Utara, Rahman Mustafa berpesan, dalam memberitakan segala sesuatu, anggota IWO baik Kota Ternate maupun Provinsi harus sesuai Undang-undang Pers 40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). 

“ Selaku ketua IWO Provinsi Maluku Utara, saya mengucapkan selamat dilantiknya teman-teman IWO Kota Ternate. Melalui pelantikan ini, teman-teman menjaga nama baik IWO dalam menyajikan informasi atau menyampaikan berita kepada masyarakat,” terangnya.

Disisi lain, Kepolisian daerah (Polda) Maluku Utara melalui Direktur Intelkam Polda Malut, Kombes Pol Alfian Budianto merespon positif komitmen IWO Kota Ternate untuk memerangi berita hoax. Perwira di Polda Malut itu mengaku, Polda Maluku Utara siap bekerjasama dengan IWO Malut maupun Kota Ternate  untuk sama-sama melawan berita hoax. “ Prinsipnya kita siap bekerjasama dengan organisasi pers manapun,” ucapnya.

Perlu diketahui, acara pelantikan tersebut dihadiri langsung Direktur Intelejen dan Keamanan (Intelkam) Polda Malut, Kombes Pol. Alfian Budianto, Kabid Humas Polda Malut, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hendri Bada, Kapolresta Ternate AKBP Juanda Asyari dan Pemimpin Redaksi media yang ada di Kota Ternate. (brn).

Komentar

Berita Terkini