|

Dikdub Diminta Seriusi Penerapan K-13

Nurlela Syarif

TERNATE, BRN – Pelaksanaan K-13 alias kurikulum 2013 ternyata belum diterapkan di semua sekolah dasar di regional Maluku Utara khususnya Kota Ternate. Dengan kata lain sebagian besar masih menerapkan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) atau KTSP 2006.

Anggota komisi lll DPRD Kota Ternate, Nurlela Syarif mengatakan, total keseluruhan sekolah dasar (SD) yang  ada di Kota Ternate sebanyak 83 sekolah, namun  8 SD diantaranya belum menrapkan K-2013 (K-13). “ 75 sekolah yang suda menerapkan, namun itu  tidak berlaku di semua kelas,” katanya, Rabu (18/4/2018).

Sekolah sudah semestinya menerapkan K-13 karena berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 20-23 tentang K-13 harusnya di implementasikan penerapan dan pelaksanaan sebagaimana ketentuan dan peraturan perundang-undangan.  “ Untuk klasifikasi SD penerapannya mulai dari kelas 1, dan kalaupun ada informasi banyak sekolah SD yang belum di terapkan sangat di sayangkan dan harus menjadi evaluasi dinas terkait,” ujar wanita yang akrab disapa Nela.  

Nela mengakui sering mendapat laporan persoalan penerapan K-13. Apakah memang persoalannya ada pada guru yang belum mampu mengimplementasikan atau persoalannya lain. “ Ini sangat merugikan siswa, dan perlu di cari tahu, persoalanya karna kesiapan SDM guru atau problem apa sehingga sekolah belum secara keseluruhan di terapkan,” imbuhnya.

Nela meminta kepada dinas pendidikan agar menyikapi secara serius terkait penerapan K-13. (Ind/red)
Komentar

Berita Terkini