|

Delapan Tahun Pemkot Ternate Tunggak Pajak Kendaraan

Mobil plat merah yang masih tunggak pajak

TERNATE, BRN -  Rupanya Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate tidak memiliki itikad baik untuk melunasi tunggakan pajak kendaraan. Ini menyusul setelah diketahui sebanyak 209 kendaraan roda empat dan roda dua dilingkup pemkot hingga kini belum melakukan pembayaran pajak.

Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala UPTD Samsat  Kota Ternate,  Nurmina Ganda ketika dikonfirmasi diruang kerjanya membenarkan adanya tunggakan pajak yang melekat di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkot Ternate. “ Ratusan kendaraan masih tunggakan pajak terhitung dari 2010,” ujarnya, Rabu (4/4/2018).

Nurmina mengatakan, tunggakan pajak kendaraan itu hampir terjadi diseluruh  SKPD bukan satu atau dua tahun saja, akan tetapi ada SKPD yang sengaja menunggak tunggakan lima sampai delapan  tahun. “ Ini sudah keterlaluan apa yang dilakukan Pemkot Ternate,” katanya.

Samsat sudah memberikan daftar kendraan pelat merah yang tunggakan pajak ke kejari Ternate untuk ditindaklajuti. Kepada pihak SKPD jang hanya terkesan menikmati fasilitas Negara namun lupa dengan kewajiban.

Nurmina menegaskan, Jika ada SKPD yang beralasan dokumen kendaraan berupa  Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) hilang itu bukan satu alasan mendasar. “ STNK itu tidak punya problem yang besar, itu masalah teknis, dan bisa diatasi. Kalau surat-suratnya hilang, kenap jauh-jauh hari tidak melaporkan ke Samsat untuk dibuat ulang,” ujarnya.

Samsat juga akan menelusuri kendraan yang tidak memiliki BPKP untuk memastikan apakah kendaraan itu legal atau ilegal. “ Kami akan telusuri sampai ke dalam, karena selama ini banyak yang beralasan surat-surat kendaraan sudah hilang,” tegasnya. (Shl/red).
Komentar

Berita Terkini