|

Angkat Tiga Jari Anak Buah Bahrain Kasuba Bakal Dipanggil Bawaslu



Foto Bersama Dengan Simbol Tiga Jari
TERNATE,BRN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku Utara kembali menjadwalkan bakal memanggil sejumlah pejabat di Pemkab Halmahera Selatan untuk di mintai klarifikasi terkait foto bersama acara deklarasi bebas malaria 2021 yang di selengarakan di Aula kantor Bupati Halsel, Selasa (24/4).

Dalam foto bersama itu terlihat Bupati Halsel, Bahrain Kasuba dan beberapa kepala dinas (kadis) dan anggota TNI/Polri mengangkat tiga jari yang diduga memberikan dukungan kepada calon gubernur (Cagub) Malut pasangan calon (paslon) nomor 3 Abdul Gani Kasuba-M. Al Yasin Ali (AGK-YA).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Malut Muksin Amrin mengatakan, saat ini Panwas Halsel tengah mencari kebenaran foto tersebut di Dinas Kesehatan (Dinkes) Halsel. Alasan Dinkes menyebutkan mengangkat tiga jari adalah simbol huruf ‘M’ yang merupakan awalan dari kata malaria. “ Kejadianya di tanggal 24 April 2018, dalam acara Deklarasi Bebas Malaria 2021 itu dilaksanakan Dinkes Halsel,” Muksin, Rabu (25/4/2018).

Meski sudah ada penjelasan dari Dinkes, akan tetapi Bawaslu tetap memanggil pihak bersangkutan untuk di mintai Keterangan. “ Terkait penjelasan tersebut, Bawaslu tidak memandang hal itu. Yang menjadi persoalan adalah Bupati Halsel merupakan tim kampanye nomor urut 3, secara otomatis angkat tiga jari dalam forum apapun pasti ada indikasi politisnya,” tegasnya.

Kendati demikian, Muksin yang juga pembina Gakkumdu ini menyerahkan sepenuhnya kepada instansi terkait untuk memberikan sanksi terhadap ASN yang diduga mendukung paslon AGK-YA. “ Jika nantinya terbukti, sanksinya tergantung instansi masing-masing,” bebernya.

Diketahui, foto bersama yang diabadikan pada acara Deklarasi Bebas Malaria 2021 adalah kepala dinas pendidikan Halsel Nurlaila Muhammad, kepala dinas kesehatan Halsel , 1 anggota TNI, 1 anggota serta beberapa Aparatur Sipil Negara lainnya. (emis/red).

Komentar

Berita Terkini