|

Unkhair Siap Tingkatkan Kualitas ITE di Badan Layanan Umum

Rektor Unkhair Ternate, Prof. Dr. Husen Alting, SH. MH


TERNATE, BRN - Universitas Khairun (Unkhair) Ternate siap berubah status dari perguruan tinggi Satuan Kerja (Satker) menjadi perguruan tinggi berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Hal ini disampaikan langsung  Rektor Unkhari Husen Alting kepada sejumlah wartawan, Selasa (20/3/2018).

Menurutnya, perubahan ini sejalan dengan perkembangan yang semakin pesat dari tahun ke tahun.  Ini ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan program studi, hingga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “ Ada banyak peluang yang dimiliki Unkhair untuk meningkatan kualitas ITE di Badan Layanan Umum (BLU) untuk menambah kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni,” ujarnya.

Kata dia, meskipun masih ada kendala ITE namun semua aspek itu harus diperbaiki dan ditingkatkan, termasuk juga kualitas dan pelayanan. “ Sekarang kita lagi menyusun proposalnya pengajuan ITE nya dan saat ini sudah ditinjau oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti)  pada bulan Februari 2018 lalu. Dan masih ada catatan untuk diperbaiki,” kata Husen.

Saat ini, Unkhair melakukan kerja sama dengan Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara dalam rangka memberikan penguatan terhadap proposal tersebut yang akan dibuat. Dan pada minggu ini akan dilakukan konsultasi kedua agar dilakukan perbaikan. Sebab dari target yang direncanakan pada April ini proposal tersebut sudah dikembalikan di Kementrian Ristekdikti untuk diteruskan ke Kementrian Keuangan (Kemenkeu) .
“Jika proposalnya telah sampai ke Kemenkeu maka akan dilakukan presentasi kembali sesuai dengan mekanismenya. Namun semuanya harus ada perbaikan standar yang ada sebab ada target  yang menjadi usaha kita seperti prodi yang akreditas B harus menjadi A atau  Prodi yang masih  C, harus naik menjadi B,” pungkaspnya.

Dirinya juga mengakui kalau saat ini Unkhair masih banyak memiliki kekurangan dan perlu diperbaiki, mulai dari tenaga dosen, mahasiswa dan lain-lain. Sementara itu harus butuhkan komitmen dari semua pihak. “ Mahasiswanya harus berubah dan mau maju. Bahkan dosennya juga harus berubah, seperti prilaku yang tidak baik yang seharusnya dihilangkan. Dunia ini sudah terbuka, kita tidak mungkin bertahan dengan konvensional sistem yang ada. Semua orang sudah menggunakan ITE,” tegasnya.

Lanjut dia,  salah satu kendala tidak terakreditasi A adalah masalah sistem atau ITE yang masih lemah, dan tahun ini diperkuat dengan UPT komputer sehingga akan diberangkatkan ke jember untuk menata semuanya selama satu minggu. ”Disana diakan belajar mengenai ITE selama tiga hari, sebab Unversitas Jember ITE-nya bagus sehingga diminta untuk dillakukan pembinaan sekaligus dilakukan MoU dengan mereka. (Ind/brn).
Komentar

Berita Terkini