|

Kekosongan Dirut, DPRD Minta PT Alga Segera Dibubarkan

Wakil Ketua II Dekot Ternate, Iqbal Ruray
TERNATE, BRN – Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Iqbal Ruray meminta pemerintah Kota Ternate agar segera membubarkan PT. Alga yang berada di Kelurahan Kastela Kecamatan Pulau Ternate. Permintaan ini menyusul perusahaan yang menelan Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (APBD) senilai Rp. 2 miliar itu tidak berjalan maksimal.

“ Seharusnya Plt Walikota Ternate Abdullah Taher secepatnya melantik Sarman Saroden sebagai Dirut perusahaan, karena bicara soal managemen sangat penting bagi karyawan,” ungkap Iqbal, Selasa (20/3/2018).

Menurutnya, kekosongan dijabatan pimpinan tentu sangat mempengaruhi berperasinya perusahaan. Posisi pimpinan merupakan hal vital dalam menjalankan roda menagemen. “ Kalau sudah dilantik, yang bersangkutan bisa menjalankan tugasnya sebagai fungsi kontrol PT. Alga, ujarnya sembari mengatakan, tidak kekosongan diunsur pimpinan, para karyawan perusahaan juga meminta kenaikan upah sesuai Upah Minimum Provinnsi (UMP). “ Sejumlah persoalan ini Pemkot Ternate harus tanggap cepat, kalau tidak bisa berdampak pada jam operasi perusahaan,” ucapnya.

Iqbal menyesalkan kebijakan yang ambil Pemkot Ternate dengan menundanya pelantikan Sarman Saroden sebagai Direktut. Soal pelantikan merupakan tanggungjawab Pemkot agar yang bersangkutan bisa menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. “Pelantikannya selalu ditundadengan alasan harus menunggu enam bulan lagi, ada apa sebenarnya ?. beruntung Pemerintah Indonesia tidak sama dengan Pemkot Ternate, Kalau tidak negara ini bisa rusak,” bebernya.

Sikap pemerintah yang lambat dalam menindak lanjut kekosongan dikursi pemimpin ini, kiranya bubarkan saja perusahaan. Agar uang senilai Rp. 2 miliar yang bersumber dari APBD itu dapat dialokasikan untuk pembangunan fasilitas umum lainnya. “ Kan bisa bangun jalan, rumah sakit, sekolah, atau bantuan masyarakat, supaya ada manfaat,” akunya.

Politisi Partai Golkar ini juga menyoroti profesi Sarman Saroden sebagai kuasa hukum Burhan Abdurahman yang mana Burhan sendiri merupakan salah satu kontestan pilkada tahun 2018. Untuk itu Ikbal menyarankan kepada Sarman Saroden untuk lebih fokus sebagai Direktur PT. Alga. “Kalau masih lebih memilih sebagai pengacara atau advokat, agar secepatnya mengundurkan diri sebagai Direktur,” terangnya. (shl/brn).
Komentar

Berita Terkini