|

DPRD dan Pemkot Sepakat Lingkungan Tongole Dimekarkan


TERNATE, BRN - Pembentukan Kelurahan Tongole merupakan sebuah terobosan bersama pemerintah kota (pemkot) Ternate dan DPRD yang sejalan dengan aspirasi masyrakat Tongole. Hal ini diutarakan wakil ketua Dekot Ternate, Iqbal Ruray.

“ Tahapan atas pembentukan Peraturan Daerah (perda) yang dilakukan DPRD dalam menindaklanjuti aspirasi warga masyarakat Tongole dan Kelurahan Marikurubu yang disampaikan tokoh agama, tokoh adat, serta tokoh pemuda kepada DPRD Kota Ternate,” ujar Iqbal saat menyampaikan pidatonya di sidang paripurna, Senin (5/3/2018).   

Iqbal menyebutkan, rancangan perda tentang pembentukan Kelurahan Tongole tersebut sudah dibahas dalam agenda panitia khusus (Pansus) berdasarkan keputusan pimpinan DPRD kota ternate Nomor: 188.4/DPRD-KT/2018 tertanggal 24 Januari 2018. Setelah melalui proses pembahasan di internal pansus, kemudian dilanjukan dengan rapat dengar pendapat (RDP) dengan instansi dan perangkat daerah terkait, serta pertemuan dengan warga masyarakat lingkungan Tongole dan kelurahan Marikurubu dan pembahasan pada tingkat  1  akhir pansus bersama pemerintah daerah.

Senada juga disampaikan Plt Walikota Ternate H. Abdullah Taher. Ia menjelaskan, rancangan peraturan daerah (ranperda) kota Ternate yang telah disetujui itu, secara jelas sudah melalui tahapan-tahapan atau tingkatan-tingkatan pembicaraan sebagaimana yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Ini menandakan adanya kesamaan konsep dan pemikiran antara pemerintah daerah dan DPRD dalam memahami substansi dan urgensi pemberlakuan peraturan daerah dalam upaya pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Komisi I Dekot Ternate, Djouhar Abdullah yang juga juru bicara pansus menambahkan, pengesahan ranperda menjadi perda atas pembentukan kelurahan Tongole itu sebagai terbosan atau responsif dalam menjawab aspirasi masyarakat di lingkungan Tongole Kecamatan Ternate Tengah. (Ind/red). 
Komentar

Berita Terkini