|

Sosialisasi Perda Pencegahan Narkoba, Masyarakat Diminta Berperan Aktif


TERNATE,BRINDOnews.com – Kerja sama Pemerintah Kota Ternate (Pemkot) dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) mengelar sosialisasi peraturan daerah Kota Ternate dengan nomor.11 tahun 2017  tentang pencegahan dan penanggulangan terhadap penyelangunaan peradaran gelap Narkotika ,Psikotropika dan Zat akitif lainnya yang dipusatkan di Hotel Veliya Kelurahan Jati Kecamatan Kota Ternate Selatan Senin, (26/2/2018) kegiatan tersebut dengan tema" Selamatkan Massa Depan Anak Bangsa Dari Narkotika, Psikotropika dan adkitif lainnya"

Marajalela Narkotika wilayah Indonesia sudah mulai darurat, sehingga dengan  pertimbangan ini Pemerintah  Kota Ternate bersama BNNP Provinsi Malut melakukan sosialisasi tentang pencegahan yang mengajak masyarakat, tokoh pemuda,dan pelajar untuk sama- sama perangi narkotika," ujar Kabag Hukum Pemerintah Kota Ternate  Muh Asyikin saat diwawancarai usai Acara Sosialisasi Perda pencegahan Narkotika,  Senin (26/02/2018).

Lanjut Muh Asyikin, jenis barang haram yang menyebar dikalangan masyarakat saat ini banyak bentuk diantaranya, dalam bentuk permen, Veten, hal perlu diwaspadai. Sehingga bentuk pencegahan dan penanggulangan secara holistic, sistematik,  dan terstuktur, yang tidak saja menjadi tanggung jawab Pemerintah namun peran masyarakat juga sangat penting.

"Mari kita ajak kepada generasi muda baik Pemerintahan dan masyarakat pada umumnya, supaya hal-hal seperti ini bisa dicegah agar Kota Ternate bisa bebas dari narkotika" ungkapnya.

Kota Ternate merupakan Kota agamais selaras dengan visi misi Pemerintah Kota Ternate, sehingga dengan bentuk sosialisasi ini diharapkan dapat bermanfaat dan bisa disampaikan ke masyarakat tentang menghindari barang haram ini. " Jika ada oknum di lingkungan masing-masing ada pengedar narkotika segera melaporkan kepada pihak yang berwajib" harapannya. 
 
Selain itu, Kata dia, dalam peraturan daerah ini lebih di tekankan lagi terkait dengan pencegahan di lingkungan keluarga, yakni memberikan edukasi dan informasi yang benar kepada anggota keluarga mengenai bahaya penyalahgunaan  Narkotika,  selain itu jika mengetahui adanya penyalahgunaan Narkoba agar segera laporkan kepada pihak yang berwajib dalam hal ini pihak kepolisian.
   
Dalam kegiatan tersebut Turut hadir diantaranya, dari pihak BNN, salah satu anggota DPRD ketua bapemperda Nurlaela Syarif,  Pemkot Sekda peserta dari perwakilan sekolah se-kota ternate, pihak Kelurahan, Kecamatan dan RT serta tokoh masyarakat. (Shl/red)

Komentar

Berita Terkini