|

Sebanyak 3.000 Bibit Kelapa Bido Bakal Ditanam di Morotai


 
Bibit Kelapa Bido Yang bakal di Tanam di Kabupaten Pulau Morotai



MOROTAI,BRINDOnews.com - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai, Muslim Djumati mengaku telah menyiapkan 3 ribu bibit kelapa bido untuk ditanam didua titik yakni, di Kecamatan Morotai Selatan (Morsel) dan Kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar). "Lahan yang dibutuhkan sekitar 30 ribu hektar, "ucap Muslim kepada reporter Brindonews.com, Rabu (21/2/2018).

Muslim menjelaskan, untuk Kecamatan Morsel dibutuhkan lahan seluas 10 ribu hektar sementara bibit yang dibutuhkan sebanyak seribu bibit untuk ditanam. Untuk Kecamatan Morselbar dibutuhkan lahan 20 hektar dan bibit yang dibutuhkan sebanyak dua ribu bibit. " Untuk lahan saat ini dalam tahapan survei, jika lahannya sudah siap, diperkirakan pertengahan tahun sudah ditanam, karena bibitnya sudah ada, "cetus Muslim.

Setelah tiga ribu bibit kelapa bido ditanam, lanjut dia, Pemkab akan kembali menyiapkan 16 ribu bibit untuk ditanam diseluruh Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pulau Morotai. "Jadi hitungannya 5 atau 6 tahun kedepan, tiga ribu kelapa bido yang ditanam hasilnya sudah ada,imbuhnya.

Menurutnya kelapa bido telah menjadi tanaman unggulan di Indonesia, untuk itu harus dibudidayakan terlebih dahulu di Morotai sebelum daerah lain. "Kelapa bido lima tahun kedepan sudah bisa disebarkan diseluruh Indonesia, karena Morotai sudah membudidayakan kelapa tersebut, "tutup Muslim. (Fix/red)

Komentar

Berita Terkini