|

Sahrani : Pengadilan Sudah Keluarkan Surat Keterangan Bebas Dakwaan AHM

Ketua KPUD Malut, Sahrani Somadayo

TERNATE, BRINDOnews.com - Meski masih menunggu putusan Mahkama Agung (MA) atas upaya hukum (kasasi) yang dilakukan jaksa penuntut umum (JPU), rupanya membuat Ahmad Hidayat Mus (AHM) tak mengurung niatnya bertarung pada pilgub 2018 nanti.

Hal ini dibuktikan dengan surat keterangan bebas terpidana yang dikeluarkan Pengadilan Tindak Pidana korupsi  (Tipikor) Ternate belum lama ini terhadap mantan Bupati Kepulauan Sula (Kepsul) untuk kelengkapan persyaratan calon.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malut,Syahrani Somadayo ketika dikonfirmasi reporter Brindonews.com membenarkan adanya surat keterangan bebas dakwaan dari pengadilan. "Iya, ada surat keterangan dari pengadilan yang digunakan AHM dalam pendaftaran," cetus Syahrani saat ditemui diruang kerjanya, Senin (5/2/2018).

Ia menuturkan, sebelum ada putusan yang berkekuatan hukum tetap, siapapun termasuk AHM bisa mendaftarkan diri sebagai calon. AHM tidak bisa dikatakan sebagai terpidana, karena yang bersangkutan divonis bebas.

"Kalau yang bersangkutan punya putusan yang berkekuatan hukum tetap, itu tidak bisa masuk," katanya.

Kata dia, menurut perundang-undangan, sepanjang yang bersangkutan tidak terpidana, sepanjang itu pula masih bisa mengikuti seluruh proses tahapan pemilukada. "Skarang AHM terpidana atau tidak  ?," tanya Syahrani.


Disentil soal kasasi yang dilakukan JPU, Ia mengatakan, walaupun ada upaya banding yang dilakukan jaksa terhadap AHM, akan tetapi yang bersangkutan tidak bisa dikatakan sebagai terpidana. "Terdakwa belum tentu terpidana, kalau asumsi jaksa itu terdakwa, tetapi itu bukan ranah kita," ucapnya (Emis/red)
Komentar

Berita Terkini