|

Pemkot Ternate Harus Mampu Menyiapkan Fasilitas UNBK 2018

Anggota DPRD Kota Ternate, Nurlaila Syarif

TERNATE, BRINDOnews.com - Untuk meminimalisir kekurangan fasilitas pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Ternate, Pemerintah Kota Ternate diharapkan mampu memfasilitasi sekolah yang belum memiliki fasilatas lengkap, ungkap Anggota Komisi III DPRD Kota Ternate, Nurlaila Syarif kepada sejumlah wartawan dikantor DPRD Ternate Selatan, Senin (5/2/2018).

Menurutnya, pendidikan sekolah menengah atas (SMA) merupakan kewenangan pemerintah Provinsi (Pemprov), akan tetapi tidak menutup kemungkinan pemkot Ternate akan menyiapkan fasilitas UNBK 2018 guna memalisir sekolah yang belum memiliki fasilitas yang belum lengkap.

Kata dia, kebijakan Kementerian pendidikan yang mana mengalihkan SMA ke Pemprov, itu sebabnya membuat Pemkot Ternate tidak lagi mengakomodir. Kalau dilihat secara aset, memang aset Kota,  tetapi ada peralihan yang menyebabkan fasilitas itu tidak lagi dimiliki oleh pemerintah Kota," jelasnya.

Ia memyebutkan, hingga saat ini komisi III Dekot Ternate sudah melakukan pembicaraan awal dengan instansi terkait guna melakukan persiapan menghadapai UNBK terutama pada siswa Sekolah Memengah Pertama (SMP). Sehingga segala bentuk kekurangan dapat di minimalisir.

"Jadi sekolah-sekolah yang memang diwajibkan untuk pelaksanaan ujian harus menggunakan standarisasi komputer dan ini akan diupayakan untuk tetap diberlakukan," terangnya.

Untuk mengantisipasi kekurangan fasilitas pada siswa SMP, dirinya meminta agar sekolah yang bersangkutan bisa melakukan kerja sama dengan SMA yang berada di Kota Ternate. Hal ini tentunya membantu lancarnya pada saat pelaksanaan UNBK.

"Solusinya adalah harus bekerja sama dengan pihak SMA, sehingga fasilitas itu digunakan dulu untuk meminimalisir masalah tersebut dan sudah bisa diantisipasi sedini mungkin," akunya.

Disentil soal beberapa sekolah SMP yang belum memiliki fasilitas yang memadai, Nela menegaskan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Ternate untuk mengkroscek sekolah-sekolah yang di maksud.


"Kami cek dulu apakah benar  sekolah tersebut tidak punya sarana dan pra sarana yang akan digunakan dalam UNBK. Kalau memang ada seperti itu, mungkin disisa waktu kurang lebih beberapa bulan kedepan ini akan kami maksimalkan agar kondisi tersebut tidak terjadi," tutup Nela. (ind/ces)
Komentar

Berita Terkini