|

Panwas Halsel Ancam Bubarkan Kampanye Paslon AGK-YA


LABUHA, BRINDOnews.com - Akibat tidak menyurat ke Pantia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Halmahera Selatan, kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, KH. Abdul Gani Kasuba – M. Al Yasin Ali terancam di bubarkan dari lokasi kampanye. Hal ini diungkapkan Komisioner Panwaslu Halsel, Halid Rajak.

Kepada wartawan, Halid mengatakan,  Panwaslu siap menghentikan kamapnye  jika pasangan calon (paslon) tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari kepolisian. Tindakan itu didasari Peraturan KPU (PKPU) No 4 tahun 2017 tentang kampanye sebagaiman tercantum dalam pasal 9 ayat 3 huruf b.

“Jika tidak dilengkapi dengan STTP saat kampanye, Panwaslu berhak menghentikan kampanye terhadap paslon tersebut,” katanya saat dikonfirmasi via handphone, Selasa (20/2/2018).

Menurutnya, paslon AGK-YA tidak bisa berkampneye sesuai jadwal dikarenakan tidak mangantonngi surat pemberitahuan dari tim paslon. Olehnya itu, apapun konsekuensinya panwaslu tetap membubarkan kampnye tersebut.

“ Mestinya jauh sebelunya sudah ada surat pemberitahuan tim AGK-Ya ke Panwas Halsel. Kalaupun dipaksakan kampanye, dengan secara  akan dibubarkan dari lokasi. Yang dimaksud pemberiathaun itu ada nama-nama relawan yang harus dilampirkan sehingga bisa didetkasi oleh penyelenggara,” jelasnya.   

Kata dia, semua  jenis kegiatan kampanye tanpa STTP, secara otomatis melanggar PKPU dan Panwaslu akan merekomendasikan pengehentian kegiatan kampanye secara paksa. Karena hal itu sudah dijelaskan dalam PKPU yang mana tim kampanye harus menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak kepolisian tentang adanya kampanye termasuk kampanye paslon AGK-YA.

“Sebetulnya semua tim kampanye sudah paham tentang aturan ini, tetapi masih ada saja yang tidak mau mengurus STTP,” terangnya. (emis/red).

Komentar

Berita Terkini