|

Nama Pelabuhan Dufa-Dufa Berganti, Ini Alasannya

Dermaga Dufa-dufa


TERNATE, Brindonews.com – Nama Pelabuhan Dufa-dufa Kelurahan Dufa-dufa Ternate Utara bakal berganti nama menjadi Pelabuhan Sultan Mudjafar Syah. Pernyataan ini disampaikan ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Djohar Abdul kepada wartawan, Selasa (13/2/2018) usai pembahasan bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Graha Ici gedung DPRD Kelurahan Kalumata Ternate Selatan.

Menurutnya, pergantian nama tersebut sudah disetujui kedua bela pihak yakni Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dan pihak kesultanan. Sehingga perubahan nama pelabuhan sudah menjadi kewenangan pemkot sebaimana diatur dalam perundang-undangan. “Pemkot dan pihak kesultanan sudah menyepakati hal itu,” cetus Djohar.

Pemkot dan pihak kesultanan, pimpinan dan seluruh anggota Komisi I Dekot turut menyetujui perihal yang dimaksud. Perubahan nama pelabuhan Dufa-Dufa menjadi Sultan Mudjafar Syah ini dinilai penting sebagai sebuah bentuk manifestasi guna mengenang pilar perjuangan kesultanan Ternate pada masa kejayaannya. “Langkah ini tentunya sebagai salah satu upaya mengenang para pejuang-pejuang sebelumnya yang pernah ikut serta pada kala itu,” jelasnya.

Alasan lain perubahan nama ini merupakan sebuah refleksi untuk menunjukan eksistensi history atau sejarah kesultanan Ternate. Ditambah dengan beberapa jabatan penting yang disandang Sultan, itu sebabnya pergantian nama menjadi Mudjafar Syah merupakan bukti nyata untuk dikenal di Nusantara Indonesia.

“Pak Mudjafar juga sebagai mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dan tokoh adat yang sangat mempengaruhi kebijakan provinsi Maluku Utara pada saat itu,”. (Ind/red).


Komentar

Berita Terkini