|

MK Yakin Dominasi Kemenangan di Kepsul

Calon Gubernur Malut, Muhammad Kasuba. dok. Eko BRN.

SANANA, BRINDOnews.com – Calon gubernur (cagub) Maluku Utara nomor pemilihan empat, Muhammad Kasuba (MK) yakin dirinya dan pasangannya Abdul Madjid Husen akan menang pada pilkada serentak di Kepulauan Sula. Keyakinannya semakin terlihat ketika melakukan silaturahim dengan keluaraga besar istrinya, Nurdiyana Yoi Sangaji di empat desa yakni desa Malbufa, Waiboga, Baleha, dan Wailiya Kecamatan Sulabesi Timur. 

MK mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi dan bukan hal yang aneh dan mustahil. Kedekatan, kekerabatan dan kedudukan status kit sau (torang pung ipar) dalam kekeluargaan masyarakat Kepsul tidak diragukan lagi. Status yang lebih dari satu tingkat saudara ini membuat dirinya berkeyakinan besar untuk meraup pundi-pundi suara yang memuaskan pada hari H nanti.

“Kalau orang lain mengklaim bahwa Sula ini milik mereka, saya juga bisa mengkalim bahwa Sula ini milki saya. Apalagi saya juga satu-satunya paslon yang berstatus sebagai  kit sau,” ujar MK, Selasa (27/2/2018) malam tadi di desa Baleha Kecamatan Sulabesi Tengah saat menyampaikan orasi politiknya.

Bahkan, paslon yang diusung tiga partai politik sebagai mitra koalisi nasional ini semakin bergelora akan meraih suara tertinggi dari ketiga paslon lainnya. Kemenangan mutlak bisa terjadi jika masyarakat dan seluruh keluarga istrinya itu loyal terhadap pasangan yang ada status sau nya. Sepuluh tahun saat menjabat sebagai Bupati Halmahera Selatan turut menopang pengalamannya, ditambah lagi dua periode Abdul Madjid Husen mengelola birokrasi sebagai Sekretaris Daerah (sekda) Provinsi Maluku Utara semakin menambah kekuatan mereka dalam meraup kemenangan pada pilgub nanti.

Menurutnya, status sau dalam kekeluargaan masyarakat Kepsul merupakan bagian terpenting yang tidak terpisahkan dari perjalanan dan adat istiadat. Itu sebabnya, komitmen, dukungan, dan doa restu dari keluarga merupakan alasan penting untuk mendorong dan memenangkan setiap pertarungan. “Ini pesta demokrasi, silahkan main-main dengan pesta, tapi saya yakin pilihan masyarakat pasti ada kata sau nya,” pungkasnya.

Kata dia, dirinya juga tak lepas dari keluarga besar masyarakat Kepsul. sebab, Kepsul sangat identik dengan kit sau atau anak menantu. Dalam meraih kemenangan yang maksimal, bahu membahu antara keluarga tentunya sangat penting. (emis/red).
Komentar

Berita Terkini