|

KPU Ingatkan Parpol Tidak Libatkan Anak-anak Saat Kampanye



TERNATE, BRINDOnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara mengingatkan partai politik untuk tidak melibatkan anak-anak di bawah umur dalam pelaksanaan kampanye nanti.

“Kami mengingatkan kepada partai politik agar tidak mengikutsertakan anak-anak dalam kampanye,” ungkap Ketua KPU Malut, Syahrani, Rabu (7/2/2018).

Kata dia, meski tidak ada aturan resmi terikat, akan tetapi KPU berkewajiban mengimbau kepada masyarakat terutama partai politik dan pendukung setiap pasangan calon (paslon) agar melibatkan anak-anak yang dibawah umur saat berkampanye. “Sebagai penyelenggara pelaksanaan pilkada, tentunya kami berkewajiban untuk itu,” cetus Syahrani

Menurutnya, setiap berkampanye ada aturan yang harus dipatuhi. Dalam berkampanye nanti parpol diwajibkan mengikut sertakan orang yang benar-benar sudah terdaftar sebagai pimilih tetap. Artinya, anak-anak dibawah umur tidak diperkenangkan dalam berkampanye karena bisa membahayakan keselamatan mereka.

“Kampanye itu khusus orang  dewasa yang memelikih hak pilih, sementara anak kecil anak kecilkan tidak memilih, jadi itukan membahayakan  bagi keselamatan anak kecil,” pungkasnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat dan parpol untuk tetap menjaga aturan dalam berkampanye. Selain itu, Ia juga meminta kepada pendukung paslon untuk tetap menggunakan helm saat berkampanye.

“Aturan kampanye tetap jalan, tetapi aturan lainnya tidak boleh dilanggar. Misalnya, tidak menggunakan helm saat berkampanye karena itu melanggar aturan lalulintas,” pinta Syahrani. (emis/red)


Komentar

Berita Terkini