|

Karir Politik Basri Salama Berakhir di Hanura

Foto Bersama Pengurus DPD Hanrua Maluku Utara 

TERNATE, BRINDOnews.com
- Usai sudah karir Basri Salama sebagai politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Bagimana tidak, partai yang menghantarkan dirinya menjadi anggota DPD RI ini secara resmi diberhentikan sebagai anggota kepengurusan partai. Hal ini dibuktikan dengan SK Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura dengan nomor: SKEP/014/DPP HANURA/I/2018 tertanggal 26 Januari 2018.

" Pemecatan didasari pemecatan terhadap 27 ketua DPD se-Indonesia yang mana dilakukan ketua umum sebelumnya Oesman Sapta Odang (OSO) itu menyalahi aturan dan tidak sesuai dengan AD/ART partai yang sah,” kata Ike Masita Tunas saat sesi tanya jawab bersama sejumlah awak media disela-sela rapat koordinasi dan sosialisasi SK DPD Hanura sore tadi.

Menurut Ike, pemecatan atau pemberhentian Basri Salama ini sah dilakukan. Berdasarkan hasil Munaslub II pada 18 Januari 2018, sebanyak 27 DPD dan 401 DPC se-Indonesia sepakat menetapkan keputusan dengan nomor: 01-08/Munaslub-II/HANURA/I/2018 yang mana menyetujui Masrya (Purn) Dariyatmo dan menggantikan Oesman Sapta Odang sebagai ketua umum DPP Hanura yang baru.

" Pemecatan Basri Salama itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPP Hanura dengan Nomor: SKEP/014/DPP-HANURA/I/2018 tentang pemberhentian sebagai ketua DPD Hanura Malut ini ditandatangani langsung ketua umum DPP Dariyatmo dan sekjen Sarifuddin Sudin, secara organisasi partai, keputusan dinyatakan sah," tandas Ike yang juga mantan ketua DPD Hanura.

Alasan pemecatan ini dilakukan setelah Basri Salama melakukan pemecatan terhadap Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai Hanura Halmahera Selatan yang dinilai melanggar anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) sebagaimana diatur dalam partai. Atas pertimbangan itu ketua umum Dariyatmo mengeluarkan SK pemberhentian kepada Basri Salama dan mengangkat Ike Masita Tunas sebagai ketua DPD Hanura tertanggal 26 Januari 2018 pada masa bakti 2015-2020 tanpa merubah kepengurusan yang sebelumnya.

"Berdasarkan SK tersebut, Basri Salama resmi di berhentikan dan tidak lagi dinyatakan sebagai anggota partai," kata Ike yang juga Wasekjen DPP Partai Hanura. (emis/red)


Komentar

Berita Terkini